Apa Dampak dan Bahaya Persalinan Operasi Sesar? Baca!

Diposting pada

EKETAWA.COM, KESEHATAN – Dampak dan Bahaya Persalinan Operasi Sesar – Menjalani proses persalinan dengan operasi caesar adalah salah satu opsi metode persalinan yang dipilih saat ini, banyak alasan mengapa si ibu lebih memilih untuk menjalani proses persalinan dengan operasi caesar seperti menemui kesulitan ketika menjalani proses persalinan secara normal atau karena adanya kondisi tertentu sehingga dokter lebih menyarankan untuk melahirkan dengan bantuan operasi caesar atau karena calon ibu ketakutan jika menjalani proses melahirkan secara normal serta alasan-alasan lain yang membuat si ibu lebih memilih persalinan dengan operasi caesar.

Dampak dan Bahaya Persalinan Operasi Sesar

melahirkan sesar,lahiran sesar

Tidak bisa dipungkiri bahwa persalinan dengan operasi caesar terbilang praktis dan instan dikarenakan tidak perlu melalu proses kontraksi yang yang cukup menyakitkan serta menguras banyak tenaga sehingga banyak ibu yang lebih memilihnya karena kemudahan tersebut.Dengan bantuan dokter maka calon ibu dapat terhindar dari fase membahayakan ketika proses persalinan secara normal seperti kelelahan atau pingsan (tak sadarkan diri) hingga pendarahan yang berujung pada kematian.

Alasan dan Dampak serta Bahaya Proses Persalinan Operasi Caesar

Banyak alasan mendasar dimana calon ibu lebih memilih menjalani proses melahirkan dengan cara ini dibandingkan dengan proses normal, contohnya tidak akan mengalami rasa sakit sama sekali seperti halnya proses bersalin normal. Hal ini karena calon ibu akan dibius dan segaa proses persalinan sepeuhnya ditangani oleh sang dokter ahli. Disamping itu dengan proses melairkan dengan operasi caesar tidak akan memberikan perubahan yang signifikan pasca melahirkan diantaranya beberapa bagian tubuh akan longgar seperti organ intim sedangkan pada operasi caesar bayi akan dikeluarkan melalui jalan yang khusus dibuat oleh dokter yaitu melalui sayatan pada area perut.

Dengan kata lain maka tidak akan terjadi pelonggaran (pengenduran) atapun pelebaran otot pada bagian intim wanita. Ini adalah salah satu dari sekian alasan yang telah disebutkan diatas mengapa wanita lebih memilih alternatif melahirkan dengan proses caesar dibandingan dengan cara normal.

Salah satu alasan lain memilih persalinan dengan cara caesar yaitu calon ibu dapat melahirkan anaknya pada tanggal-tanggal tertentu yang dianggap cukup istimewa, seperti tahun kemerdekaan atau hari-hari besar lainnya ataupun tanggal yang dianggap memiliki kesan kuat bagi calon ibu maupun dengan alasan agar lebih mudah diingat dengan memilih tanggal-tanggal cantik seperti 10-10-10, 08-09-10 dan lainnya.

Pada kenyataannya operasi caesar dimaksudkan untuk membantu calon ibu yang kesulitan untuk menjalani proses bersalin secara normal taukah calon ibu menderita suatu penyakit tertentu yang kemungkinan akan membahayakn hidupnya bila menjalani proses melahirkan secara nornal sehingga mengharuskannnya untuk menjalani proses bersalin dengan cara operasi caesar. Sayangnya saat ini persalinan melaui operasi caesar dilakukan karena alasan yang kurang dianggap tepat meskipun begitu semua kembali pada calon ibu yang memiliki hak untuk memilih.

Namun tahukah Anda ? bahwa juga terdapat bahaya yang dapat timbul pada operasi caesar seperti halnya saat menjalani kelahiran secara normal. operasi caesar dapat mempengaruhi serta mengakibatkan hal-hal berikut : pertama, ada kemungkinan besar pasca melahirkan dengan operasi caesar maka masa kesuburan wanita khususnya kesuburan kandungan akan terganggu. Kedua, kerap kali pasca menjalani operasi caesar akan timbul infeksi pada area bekas sayatan perut. Adapun dampak terakhir yaitu ketika proses bersalin operasi caesar dilakukan ada kemungkinan calon ibu akan kehilangan banyak darah seperti halnya ketika proses bersalin secara normal.

itulah pembahasan mengenai dampak dan bahaya operasi sesar, semoga menambah pengetahuan calon ibu untuk memilih proses persalinan yang paling cocok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *