Viral

Alasan di Balik Aktivitas Rajin Nge-Vlog Presiden Jokowi

5

Seperti kita ketahui bahwa YouTube bukan hanya media berisi hiburan, tetapi juga dapat mengasah kreativitas generasi muda. Selain itu, YouTuber sudah memiliki banyak pelanggan dapat membuat hobi mereka menjadi bidang uang. Tidak heran ada begitu banyak orang ingin menjadi sederhana: menjadi YouTuber sukses.

Nah, jika Anda berbicara tentang YouTuber, Anda tentu tahu pasti bahwa presiden kita, Joko Widodo adalah salah satu dari banyak orang suka berada di depan kamera. Presiden terkadang berbagi momen dengan keluarga dan cucunya melalui saluran YouTube Presiden Joko Widodo. Nah, ternyata di balik kegiatan vlogging inilah memotivasi Jokowi.

YouTube sebagai media untuk berkomunikasi dengan orang-orang dan generasi muda

Meskipun memiliki saluran dari tahun 2015, Jokowi baru saja mengunggah vlog pertamanya pada tanggal 27 Juli 2016. Setelah banyak orang bertanya-tanya mengapa presiden satu ini suka vlog, Jokowi mengatakan bahwa itu menjadi forum sehingga orang dapat lebih mudah berkomunikasi dengan pemerintah, terutama anak muda sudah akrab dengan dunia digital. Secara tidak langsung ia juga menunjukkan apa sebenarnya dilakukan pemerintah sebagai pemimpin. Presiden Jokowi juga suka membuka QnA kemudian dia jawab di vlog berikutnya.

Dia pernah menjadi subjek media luar

Jokowi blogged [Sumber gambar]Seperti YouTuber terkenal, Presiden Jokowi berada di kategori rajin mengunggah videonya. Hingga saat ini sudah ada 318 video di saluran YouTube. Dia juga mengumpulkan pemirsa dengan tagar #JKWVLOG, hingga kini pelanggannya berjumlah lebih dari 686 ribu orang. Saking terkenalnya, Jokowi pernah menjadi subjek media Amerika, Mashable, dengan judul ‘Indonesia Terbaru, Celebrity YouTube? Presidennya. Bahkan Mashable menjelaskan bahwa YouTube mengatakan bahwa saluran Jokowi menarik karena dia suka bereksperimen dan berbeda dari kebanyakan pemimpin di negara lain.

Menerima penghargaan dari Google Indonesia

Vlog dihargai oleh Google Indonesia [Sumber gambar]Tidak hanya YouTube saja menghargai upaya vlogging Jokowi, tetapi juga Google Indonesia. Shinto Nugroho sebagai Kepala Kebijakan Publik & Hubungan Pemerintah Google Indonesia mengatakan bahwa upaya dilakukan oleh Presiden Jokowi adalah langkah tepat untuk lebih dekat dengan rakyat. Tidak heran momen penting – seperti ketika bersama King Salman dapat diabadikan dalam bentuk video dan disaksikan oleh semua orang Indonesia. Shinto juga membandingkan Jokowi dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, memiliki pengikut lebih sedikit daripada Presiden Jokowi. Jadi pada dasarnya, Jokowi lebih eksis di dunia maya, jadi gaes.

Berapa rupiah dari vokal Presiden Jokowi?

Nah, dengan jumlah pelanggan cukup besar, pasti ada rupiah dihasilkan kan? Tetapi berapa banyak? Sebagai gambaran, pemilik video telah berhasil mendapatkan 100 ribu tayangan atau lebih, biasanya mendapat US $ 50 – US $ 100 atau sekitar Rp 600 ribu hingga Rp 1,3 juta. Dilaporkan dari liputan6.com, Berdasarkan Dbase.tube, akun Presiden Jokowi tahun 1945 diperkirakan telah memperoleh US $ 2,160 atau sekitar Rp. 28,9 juta per bulan. Sedangkan jika dilihat dari situs Social Blade, Saluran Presiden Joko Widodo diperkirakan memiliki penghasilan bulanan antara US $ 259 hingga US $ 4.100 atau sekitar Rp 3,4 juta hingga Rp 54,6 juta per bulan . Jika dihitung, bisa mencapai Rp.662,6 juta per tahun per tahun. Tidak buruk juga?

Jadi, tujuan utama vlogging Presiden Jokowi adalah tidak mengecualikan dan bersaing dengan YouTube di kelas sama dengan Raditya Dika atau Atta Halilintar, ya, Teman. Tidak ada tetapi hanya sebagai media untuk menghubungkan dia dan masyarakat, sehingga dia tahu apa telah dilakukan oleh presiden.

Source link

Loading...