Kesehatan

Tanaman-tanaman Rambat Bikin Rumah Adem Tanpa AC

13

Cuaca makin ke sini memang kadang tidak bisa diprediksi. Kadang panas, tetapi sesekali hujan deras.

Jika sedang cuaca panas biasanya kita pengen cepat-cepat pulang dan menyalakan AC atau kipas biar bikin hawa adem.

Tapi kalau terus-terusan memanfaatkan teknologi semacam itu bisa bikin tagihan listrik membengkak dan juga bikin cepat rusak.

Ada cara mudah untuk mensiasati hawa panas di rumah. Salah satunya menanam tanaman rambat di pagar atau dinding rumah.

Selain bikin adem ternyata tanaman rambat ini juga bikin rumah asri. Seperti tujuh tanaman rambat berbunga ini bisa hidup di kondisi Iklim Indonesia dan perawatannya mudah.

1. Bougenville

Bunga berwarna merah muda keunguan dengan tekstur tipis ini akan tetap tumbuh dan tahan panas meski jarang disiram.

Ternyata bunga aslinya berwarna putih terletak di dalam kelopak bunga. Sedangkan tekstur tipis layaknya kertas adalah bagian dari daun.

Meskipun tahan dan tetap tumbuh di daerah panas alangkah baiknya tanaman bunga bougenville dipangkas agar terlihat indah dan terawat.

2. Morning Glory

Tanaman ini bisa hidup keadaan panas atau dingin sekalipun. Bunga mekar ternyata menyimpan aroma menyegarkan.

Warna kelopak bunga dipengaruhi suhu. Jika suhu panas dan terkena sinar matahari secara intens bunga akan berwarna ungu, jika ditanam di suhu dingin dan kurang cahaya matahari bunga berwarna biru.

Tanaman ini cukup mudah perawatannya. Morning Glory hanya cukup disiram lima sampai tujuh hari sementara untuk pemupukan dua bulan sekali.

3. Alamanda

Bunga ini lebih sering di jumpai di Indonesia. Bunga ini bisa tumbuh baik di cuaca panas dengan intensitas matahari penuh dan kondisi tanah berpasir sekalipun.

Bunga ini memang sering berbunga akan tetapi tidak sebanyak bunga Bougenville. Cara paling mudah untuk menanam bunga ini adalah dengan menggunakan cara stek.

4. Petrea Volubilis

Tanaman rambat ini bisa dijadikan referensi jika eketawerssuka bunga berwarna ungu. Tanaman rambat ini bisa tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Bunga ini memiliki ciri khas tersendiri, sebelum gugur kelopak bunga akan berubah menjadi hijau.

5. Antigonon Leptolupus

Tanaman ini cukup mudah dijumpai di Indonesia. Perawatannya pun terbilang mudah bahkan tidak memerlukan penyiraman dan pemupukan.

Selain bisa dijadikan tanaman rambat, ternyata ia bisa dijadikan obat herbal untuk penyakit diabetes. Tanaman ini sering dianggap gulma sebab bisa tumbuh dengan cepat.

6. Mandivella Sanderi

Tanaman ini banyak digunakan untuk menciptakan suasana asri. Tanaman asal Florida Amerika Serikat ini sekilas hampir mirip dengan bunga Alameda, hanya warna kelopak dan daunnya saja berbeda.

Tanaman rambat ini sangat menyukai cuaca panas sehingga banyak bunga bermekaran. Adapun warna bunganya berwarna pink, putih, dan merah muda.

Perawatan tanaman ini hanya memerlukan sinar matahari cukup dan melakukan penyiraman rutin pada sore hari.

7. Soapwort

Tanaman ini terbilang cepat tumbuh dan berbunga sangat banyak. Biasanya tanaman ini digunakan untuk menghiasi pagar dan dinding rumah agar terlihat cantik dan asri.

Meskipun tahan dengan sifat panas nyatanya perawatan tanaman terbilang mudah bahkan tidak butuh perlakuan khusus.

Sumber: kumparan.com

Loading...