Kesehatan

2 zat Yang Terkandung Dalam Pembalut Wanita Ini sangat Berbahaya

112

Masyarakat kaget dengan perilaku sekelompok remaja di Semarang, Jawa Tengah, yang minum air rebusan dari pembalut wanita. Tentu saja, bahan kimia dan zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh tentu akan mengganggu kesehatan. Terutama jika itu disalahgunakan untuk efek halusinasi, kecanduan, dan mabuk untuk membuat ‘terbang’.

Air rebusan dianggap memabukkan dan memberikan efek halusinasi (lalat) seperti menggunakan narkotika. Remaja melakukannya karena dianggap lebih murah daripada membeli narkotika.

Sebenarnya apa kandungan pembalut wanita yang bisa membuat seseorang mabuk setelah menyalahgunakannya dengan mengkonsumsinya?

Zat Kimia Pembalut Wanita gbr: idn

pembalut wanita, zat berbahaya, bahan kimia sanitasi, pembalut wanita,
Mahdi Jufri, Dekan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia menjelaskan bahwa pembalut wanita mengandung dua bahan berbahaya jika dikonsumsi. Diantaranya adalah klorin dan gel penyerap.

“Ini (bantalan) mengandung klorin dan sodium polyacrylat (penyerap),” dimuat laman JawaPos.com, Rabu (11/7).

Sejumlah remaja juga dilaporkan lebih memilih bantalan bersayap. Karena efek gel dinilai lebih tinggi untuk mabuk perjalanan.

“Mengandung klorin sebagai disinfektan. Gel mengandung sodium polyacrylat yang merupakan adsorben super,” katanya.

Klorin

Orang lebih akrab dengan klorin sebagai klorin. Biasanya digunakan untuk pemurnian air. Klorin akan berbahaya jika terkena tubuh apakah tertelan atau terkena mata dan saluran pernapasan. Efeknya dapat menyebabkan masalah kulit, iritasi, dan kanker dalam jangka panjang.

Polyacrylat Sodium

Sodium Polyacrylate adalah bubuk kimia yang ditambahkan ke bagian dalam pembalut wanita. Fungsinya sebagai penyerap. Jika terkena tubuh dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

Loading...