spot_img

Samaira Mehta Jago Coding, Umur 10 tahun jago coding Curi Perhatian Facebook dan Google

samaira mehta 10 tahun jago coding
samaira mehta 10 tahun jago coding (Foto: CNBC)

Samaira Mehta Jago Coding, mungkin seperti beberapa anak berumur 10 tahun biasanya. Melalui account Instagram, kita dapat lihat kegiatannya keseharian seperti berjualan minuman limun, berenang, sampai menari.

Akan tetapi, ada hal menarik dari Mehta. Gadis yang jago coding ini nyatanya adalah founder sekaligus juga penemu dari CoderBunnyz.

CoderBunnyz adalah satu board game yang mengajari beberapa pemainnya, yaitu anak umur 4 tahun ke atas mengenai ide coding program.

Melalui game ini, anak disuruh untuk mengarahkan kelinci untuk makan wortel. Tetapi, untuk makan wortel mereka dibawa berpikir, dalam soal ini membuat code yang dapat memperlancar jalan si kelinci sampai ke arah.

“CoderBunnyz pada umumnya mengajari semua ide yang diperlukan dalam program computer pada beberapa anak,” kata Mehta diambil dari CNBC, Selasa (30/4/2019).

Ia memberikan, dalam game ini anak di ajarkan ide fundamental coding seperti pengurutan, kriteria ide loop, manfaat, stack, antrean, rincian, dan sebagainya.

Samaira Mehta Jago Coding-facebook
Samaira Mehta Jago Coding dilirik facebook dan google (foto: detik)

Belajar Coding Semenjak 7 Tahun
Contoh coding, pemrograman, programmer, programming. Credit: Pexels lewat Pixabay
Mehta menjelaskan, dianya mulai mengkonseptualisasi game board itu waktu umur 7 tahun. Itu dikerjakan saat sang ayah yang disebut engineer mengajarkannya langkah untuk meng-coding.

Bersamaan dengan usahanya meng-coding, ia memerhatikan ada sela di pasar untuk produk yang menolong beberapa anak belajar programming computer.

Ia mulai dengan membuat sketsa game itu. Lalu dengan pertolongan keluarganya, Mehta tersambung dengan desainer grafis serta produsen game di Tiongkok serta Selandia Baru. Sesudah bertukar e-mail, Mehta pilih produk yang menurut dia pas.

“Keluarga aku begitu ikut serta dalma usaha ini,” ujarnya.

Dimana, sang ibu mengamati bagian pemasaran serta sosial media sesaat adik lelakinya menguji game.

Sesudah membesut game CoderBunnyz, Mehta membuat game kedua-duanya yang bernama CoderMindz. Game ini adalah board game yang mengajari anak mengenai ide kecerdasan bikinan lewat bahasa pemrograman Java.

“Aku begitu suka pada coding. Aku ingin beberapa anak lain rasakan demikian, karena coding adalah satu waktu dean serta pada pekerjaan berikut dunia akan tergantung, pada 10 atau 15 tahun ,” kata Mehta.

Ia memberikan, bila beberapa anak ingin belajar coding saat ini, kelak waktu dewasa mereka dapat jadikan coding (engineer) menjadi peluang untuk berkarier.

Selama ini, ia sudah mencatatkan penghasilan USD 200 ribu (sama dengan Rp 2,8 miliar) semenjak April 2018 serta jual 6.000 board game CoderBunyz. Mehta juga kembali menginvestasikan uangnya untuk game, menabung untuk kuliah, serta mendonasikan bekasnya.

Ia jual game itu melalui internet dan menyimpannya di garasi. Pada awal game ini launching, Mehta serta keluarga sudah sempat kerepotan mengatasi pesanan yang masuk.

Tetapi lalu ia mulai mempunyai team yang menolong permasalahan pengepakan serta Amazon mulai membantunya berjualan.

Samaira Mehta Jago Coding, dilirik Michelle Obama
Samaira Mehta Jago Coding, dilirik Michelle Obama

Dilirik Facebook, Google, sampai Michelle Obama
Usaha kecil yang berkembang ini membuat Mehta dilirik oleh perusahaan tehnologi terpenting seperti Facebook, Microsoft, sampai Intel. Masalahnya Mehta mendapatkan peluang untuk isi materi workshop buat keluarga karyawan serta anak-anaknya mengenai coding.

Tetapi, yang paling menyenangkan ialah Mehta berpeluang untuk berjumpa dengan Chief Cultural Officer Google, Stacy Sullivan.

“Ia katakan, bila aku dewasa kelak, aku mungkin dapat kerja di Google, bila aku ingin. Ia menjelaskan, aku mungkin dapat mempunyai perusahaan sendiri,” papar Mehta yang suka dapat berjumpa dengan Sullivan.

Mehta juga menjelaskan, Sullivan menginspirasinya untuk kerja lebih keras.

Bukan sekedar itu, Mehta sempat juga memperoleh semangat dari bekas ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama. Pada 2016, Michelle Obama sempat tuliskan surat pada gadis 10 tahun itu.

“Begitu bagus dapat terima surat dari beliau. Ia menyemangati aku untuk selalu kerja keras serta aku ialah ide untuk beberapa orang,” katanya.

Sekarang ini, gadis 10 tahun itu masih tetap konsentrasi membuat CoderBunnyz sukses sekaligus juga belajar di sekolah. Ia menyebutkan, ke depan ingin berkuliah di universitas impiannya yaitu Stanford University serta meraih impiannya menjadi wirausahawan.

“Saat ini aku telah jadi wirausahawan. Tetapi aku ingin memperluas itu jadi wirausahawan yang dapat menolong orang serta komune,” katanya. sumber: linetoday

spot_img

Must Read

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here