Makanan Khas Banjar
Makanan Khas Banjar

10 Makanan Khas Banjar, Banjarmasin bukan sekedar diketahui jadi ibu kota propinsi Kalimantan Selatan, tapi wilayah terpadat di luar Jawa dikenal juga jadi “kota seribu sungai”.

Tidak hanya menyuguhkan riwayat unik serta keindahan pemandangan seribu sungai, Kota Banjarmasin mempunyai sederetan makanan ciri khas yang populer dengan kelezatannya serta benar-benar menggugah hasrat.

Buat Kita tidak paham mengenai makanan yang spesial di Banjarmasin, silahkan lihat beberapa daftar menu dari Kota Seribu Sungai serta melengkapi penuturannya.

1. Foto Banjar

10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah
Foto Oleh merdeka.com

Mengunjungi Banjarmasin, tidak lengkap jika kita tidak mencoba langsung kuliner khas kota ini, yaitu Soto Banjar.

Soto Banjar adalah salah satu jenis makanan tradisional yang menjadi ciri khas kota Banjarmasin. Bahan masakannya terbuat dari daging ayam olahan dengan resep aneka bumbu.

Untuk cara membuatnya termasuk sangat mudah, di mana sebagian dari ayam suwir Soto Banjar dipadukan dengan potongan kue beras dan tambahan telur asin dan kayu manis.

Dan salah satu tempat paling populer untuk menu ini di Banjarmasin adalah Soto Banjar Bang Amat di Jalan Pangeran Antasari No.18. Di warung makan dekat sungai Martapura, harga satu porsi sotonya hanya dihargai sekitar Rp. 23.000.

Dan kuliner paling terkenal dari Banjarmasin juga sudah mulai dijual di beberapa kota lain di Indonesia seperti di Yogyakarta, Jakarta, Bandung hingga Bogor.

2. Nasi Kuning

1562845371 359 10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah
Foto oleh browse.id

Nama makanan Banjarmasin selanjutnya yang harus dicicipi adalah nasi kuning. Jika dilihat dari gambar atau foto, kuliner ini tidak jauh berbeda dengan sajian pada umumnya tetapi tidak hanya diberi daun salam tetapi pandan.

Selain itu, bahan utama yang digunakan untuk hidangan ini bukan nasi perah, melainkan pulen. Dan untuk pewarnaannya sendiri masih sangat alami, menggunakan kunyit.

Bagi mereka yang ingin mencicipinya, salah satu tempat teratas untuk mencicipi adalah Nasi Cempaka Kuning di JL. Parman. Di sini, sebagian menu dihargai sekitar 14 hingga 20 ribu, tergantung pada hidangannya.

Mari Baca>>  Menyapa Dinginya Ranu Kumbolo Semeru di Sambut Embun

3. Top Pearl

1562845372 526 10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah
Foto oleh cookpad.com

Mendengar nama makanan yang satu ini, mungkin banyak orang mengira bahwa bahan utamanya terbuat dari mutiara, tetapi kenyataannya tidak demikian.

Sup mutiara adalah sejenis hidangan tradisional yang dibuat dari ayam olahan yang ditumbuk halus dan dibentuk menjadi bundar kecil seperti bakso.

Yang membuatnya semakin unik, sup dari sup mutiara tidak dibuat dari santan melainkan susu dan berbagai koleksi rempah-rempah pilihan seperti pala dan bawang merah serta bawang putih.

Ingin tahu? Nah, mereka yang ingin mencicipi bisa datang ke Depot Sop Mutiara Kirana di Jalan A.Yani, Kertak Hanyar, Banjar, Kalimantan Selatan. Toko ini buka mulai pukul 11: 00-18: 00 dan mengenai harganya, harganya hanya sekitar Rp. 15.000.

4. Refluks asam

1562845372 558 10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah
Foto oleh tribunnews.com

Kuliner khas Banjarmasin lainnya yang patut dicoba adalah cincang asam, salah satu makanan lezat dalam bentuk sambal dengan rasa pedas, asam dan asin.

Bahan-bahan dari bahan cincang dibuat dari koleksi herbal seperti cabai rawit, bawang merah, asam dan buah asam segar dan pasta udang.

Bagi masyarakat Banjarmasin, cacing asam ini biasanya digunakan sebagai saus pelengkap untuk menu goreng atau dipanggang.

Menu pendamping ini tidak dijual di warung makan mana pun, tetapi begitu sambal dapat ditemukan di rumah-rumah warga Banjarmasin, JejakPiknik.

5. Sebarkan Tatak

1562845372 528 10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah
Foto oleh Suara.com

Kuliner berikutnya dari Banjarmasin adalah amparan tatak, salah satu kue rasa manis yang terbuat dari campuran santan dan tepung beras dengan isi pisang atau nangka.

Untuk membuat atau memasak kue ini cukup mudah, di mana semua bahan dicampur dan kemudian dimasak selama 1-1½ jam. Selain sebagai menu pembuka, makanan ringan ini juga cocok untuk dijadikan makanan penutup dan tentu saja juga cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kue ini kebanyakan dijual di pasar tradisional di kota Banjarmasin dan untuk harga hanya dihargai sekitar Rp. 11.000 – Rp. 15.000 / potong, sedangkan Seloyang berkisar 180 ribu.

6. Tandai

1562845372 565 10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah
Foto oleh travel.tribunnews.com

Menurut Wikipedia, ini adalah salah satu lauk alternatif dari Kalimantan Selatan yang terbuat dari kulit cempedak yang digoreng hingga kering.

Mari Baca>>  10 Tempat Wisata Alam Bogor Yang Menajubkan

Namun sebelum digoreng atau dibakar, kulit cempedak diawetkan menggunakan garam untuk waktu yang lama sehingga rasanya lebih enak.

Bagi yang ingin mendapatkannya, bisa membelinya di Pusat Suvenir Galuh Banjar di Jl. Parman, Banjarmasin. Di warung ini, mandai hanya dihargai sekitar Rp. 15.000 / paket.

7. Laksa

1562845372 423 10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah
Foto oleh cookpad.com

Makan berikutnya adalah Laksa, salah satu hidangan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan percikan santan kental yang gurih.

Hidangan ini rasanya sangat lezat, terutama jika Anda menambahkan isian ikan gabus ke dalamnya. Dan bisa dijamin, Sahabat JejakPiknik akan ketagihan ingin mencicipinya lagi.

Bicara soal selera, Laksa Arabaya di pasar Pujasera, Barabai adalah tempat paling cocok untuk menikmatinya. Warung ini buka mulai pukul 11.00 WITA. Dan di sini, perbudakan hanya dihargai sekitar Rp. 10.000 – Rp. 15.000.

8. Tiriskan

1562845373 278 10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah
Foto oleh idntimes.com

Buras adalah makanan Banjarmasin yang mirip dengan lontong atau ketupat. Hidangan ini terbuat dari nasi dan biasanya paling enak jika disajikan dengan telur pindang atau sayuran.

Buras sendiri biasanya ditemukan di banyak depot Soto di sekitar kota Banjarmasin. Mengenai harga, masih sangat ramah di tas.

9. Lihatlah Lawang

1562845373 450 10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah

Sunduk lawang sebenarnya adalah makanan khas kota Pontianak tetapi banyak makanan ringan tradisional juga ditemukan di Banjarmasin.

Sunduk lawang terbuat dari tepung beras dan gula pasir, sekilas camilan ini sangat mirip bentuknya dengan lemper, yang membedakannya dari ukurannya yang lebih panjang.

Kue ini dijual di sekitar jalan Pangeran Antasari dan biasanya harganya hanya sekitar Rp1.000 / benih.

10.Ipau

1562845373 512 10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera 10 Makanan Khas Banjar Yang Bikin Nafsu Makanmu Bertambah
Foto oleh cookpad.com

Terakhir ada Ipau, sejenis makanan cepat saji yang sering disebut pizza gaya Banjar dalam bentuk bulat dan ada taburan daging di atasnya. Kue gaya Arab ini sangat lezat bila dipadukan dengan santan.

Kue ipau itu sendiri sering ditemukan di Jalan.Martadinata, tepatnya di depan Balai Kota Banjarmasin dan soal harganya, biasanya dibanderol dengan kisaran harga Rp. 50.000 hingga Rp. 80.000.