Minuman Khas Indonesia Populer dan Medunia, Indonesia yang kaya akan budaya keindahahan alamnya tidak diragukan lagi. Wisata alam Indonesia sangatlah indah dan mengundang banyak wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia.

Buka hanya alamnya yang dikenal indah, tapi juga kuliner khas nusantaranya yang sangat beragam juga mengundang para penikmat kuliner lokal dan manca negara. Minuman dari Indonesia memiliki cirri uniknya sendiri berlainan dengan minuman dari negara lain.

10 minuman ciri khas Indonesia yang Mendunia

 

1. Es Cendol

 

1563068934 525 19 Minuman Khas Indonesia Dari Tradisional Sampai Modern 10 Minuman Khas Indonesia Populer dan Mendunia, dari Kaki 5 Sampai Resto

Cendol adalah minuman yang terbuat dari tepung beras. Minuman Indonesia ini disajikan dengan es parut dan gula merah cair dan santan.

Minuman ini rasanya manis dan gurih. Dalam membuat minuman ini, tepung beras diproses dengan pewarna hijau. Kemudian dicetak melalui filter khusus, sehingga berbentuk seperti bola lampu

Awalnya minuman pewarna ini adalah pewarna alami dari daun pandan. Namun kini pewarna makanan buatan juga bisa digunakan.

Di Sunda cendol dibuat dengan cara menyaring tepung beras kukus yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan untuk mendapatkan bentuk bulat oval yang mengarah ke ujung. Nyendol ajakan unik untuk minum cendol eketawer.

 

2. Beer Pletok

beer pletok menuman khas indonesia yang mendunia 10 Minuman Khas Indonesia Populer dan Mendunia, dari Kaki 5 Sampai Resto
beer pletok menuman khas indonesia yang mendunia, foto: Bukalapak

Bir Pletok, mungkin kita sudah pernah mendengarnya atau seringkali dengar dengan arti Bir Pletok. Bir Pletok salah satu minuman ciri khas dari etnik betawi.

Bir Pletok ini terbuat dari tumbuh tumbuhan rempah-rempah yang banyak tumbuh di negeri ini. Tetapi, kenapa disebutkan bir?

Haram kah ? Minuman Bir ialah Minuman keras serta buat umat islam benar-benar diharamkan. Ini Berlainan dengan Bir Pletok yang banyak di perkampungan betawi. Jelas jelas bir ini tidak memiliki kandungan alkohol.

Bir Pletok ini malah beri kesegaran serta menghangatkan tubuh. Diluar itu dapat jadikan pelepas dahaga jika dengan di lebih batu es.

Bir pletok mengapa di namai Bir, Alkisah bir pletok ada dari orang orang Betawi gedongan yang banyak berkawan sama orang Belanda. Mereka seringkali lihat langkah serta rutinitas orang belanda yang minum bir

Bahan penting Bir Pletok ialah jahe ditambah kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang buat warna merahnya, serta gula. Untuk membuahkan Bir Pletok yang mantap di perlkukah Jahe Gajah yang telah tua. Bila ingin lebih HOT rasa-rasanya di pakai Jahe Merah yang lebih terasa pedes.

 

3. Sekoteng

Sekoteng minuman khas indonesia medunia 10 Minuman Khas Indonesia Populer dan Mendunia, dari Kaki 5 Sampai Resto
Sekoteng minuman khas indonesia medunia, foto: wikipedia

Sekoteng ialah minuman asli Jawa Tengah terasa jahe yang biasa disajikan panas. Bahan lain yang umumnya digabung ke pada minuman sekoteng ialah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina serta potongan roti. Sekoteng biasa disajikan saat malam hari.

Sekoteng umumnya di jual keliling dengan memakai gerobak pikul. Satu bagian untuk panci air jahe dan kompornya sedang bagian lain ialah tempat bahan kombinasi serta tempat menyiapkan sekoteng.

Mari Baca>>  10 Cafe Restoran Tempat Makan Di Bogor Paling Nge Hits

Jika Anda minum yang ini, Anda harus tahu segalanya, minuman lezat ini adalah Sekoteng. Minuman ini adalah minuman asli dari Jawa Tengah.

Minuman ini memiliki rasa jahe dan biasanya disajikan dalam kondisi masih panas.

Minuman ini biasanya dicampur dengan bahan lain dalam presentasi. Misalnya, kacang hijau, kacang tanah, pacar Cina dan irisan roti dan biasanya disajikan di malam hari.

Sekoteng biasanya dijual dengan menggunakan gerobak. Satu sisi untuk panci air jahe dan kompor sedangkan sisi lainnya adalah campuran bahan.

Selain sebagai tempat untuk bahan campuran, itu juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyiapkan minuman khas Indonesia.

4. Limun Sarsaparilla

limun sarsaparillah minuman khas inondesia 10 Minuman Khas Indonesia Populer dan Mendunia, dari Kaki 5 Sampai Resto
limun sarsaparillah minuman khas Inondesia, foto: brilio.net

Kita yang sudah pernah tinggal di Yogyakarta di masa tahun 1950-an, tentu sudah pernah minum limun Sarsaparilla. Oleh beberapa warga Jogja disebutkan limun saparilla. Limun ini adalah type minuman berkarbonasi yang popular di masa tahun 1950 sampai 1970-an. Cola Jawa, umumnya pencinta limun sarsaparilla setuju menjelaskannya demikian. Type minuman yang berwarna ungu kecoklatan ini sudah pernah menempati ranking minuman favorite golongan ada di Yogyakarta.

Saat itu, limun Sarsaparilla adalah type minuman elit yang bawa gengsi sosial tersendiri pada konsumennya. Cuma orang yang punyai kocek lebih saja yang dapat beli minuman yang dipandang kekinian, lambang perkembangan, serta tentunya berkualitas di zamannya.

Limun Sarsaparilla mempunyai rasa yang ciri khas di lidah. Namanya minuman berkarbonasi, tentunya mempunyai sensasi kemranyas di lidah. Demikian dicecap, aroma semriwing laiknya mint cukup berasa, hingga datangkan dampak lega di rongga hidung serta rongga dada.

Aroma ciri khas ini sekelebat memang memperingatkan kita pada aroma obat atau jamu. Rasa manisnya sedang-sedang saja, kurang, pun tidak begitu. Limun Sarsaparilla datangkan dampak bersendawa serta diakui dapat mengobati masuk angin.

5. Es teler

1563068935 917 19 Minuman Khas Indonesia Dari Tradisional Sampai Modern 10 Minuman Khas Indonesia Populer dan Mendunia, dari Kaki 5 Sampai Resto

Jika Anda minum yang ini Anda pasti suka, yaitu Es Teler. Minuman Indonesia ini adalah minuman es yang mengandung potongan alpukat, kelapa muda, nangka yang dimasak, dan santan.

Kemudian dicampur dengan pemanis dalam bentuk susu kental manis dan sirup. Es yang digunakan bisa berupa es serut atau es batu. Rasa minuman ini sangat enak dan menyegarkan.

Minuman ini cukup bervariasi, mulai dari cincau, kang-kaling, dan pacar Cina. Ada juga campuran apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar.

Sampai es menjadi sulit dibedakan dari es campur. Sejarah Es diciptakan oleh Tukiman Darmowijono, pedagang campuran es dengan gerobak di Jalan Semarang, Jakarta Pusat pada 1980-an.

6. Es oyen

Es oyen minuman khas Indonesia 10 Minuman Khas Indonesia Populer dan Mendunia, dari Kaki 5 Sampai Resto
Es oyen minuman khas Indonesia. foto: qudapan.blogspot.com

Buat orang Jawa Timur intinya Sidoarjo Surbaya serta sekelilingnya tentu tidak akan asing dengan minuman yang satu ini, Es Oyen. Konon Es Oyen datang dari Bandung. Minuman ini sebetulnya ialah es campur.

Di es Oyen ini terampur beberapa macam buah-buahan dari Alpokat, nangka, dikit mangga serta kelapa muda, yang diberi santan serta Susu kental manis yang betul-betul menghidupkan hasrat. Tetapi nyatanya ini ialah rahasianya. Ini untuk berbahan harus juga di datangkan langsung dari Bandung. Menurut narasi penjualnya ia sudah pernah coba membuat sendiri “oyen”nya. Tetapi nyatanya tidak berhasil hingga ia putuskan untuk beli oyen tersebut asli dari sononya.

Mari Baca>>  12 Fakta Gunung Gede ini Harus Diketahui Para Pendaki

Tempat es Oyen yang direferensikan ialah di perempatan Pasar Wonoayu, Sidoarjo, kurang lebih 10 km dari kota Sidoarjo.

Di sini denga uang Rp 2.500 kita telah bus nikmati semnagkuk es Oyen yang bener-bener menghidupkan hasrat. Di sini penjual cuma layani pembelian mulai jam 10:00 s/d 14:00. serta buat kita yang tinggal di wilayah Jakarta silakan singgah di wilayah Kemayoran jl. Kepu disana ada penjual es Oyen yang telah populer dari dahulu.

7. Wedang Uwuh

wedang uwuh minuman khas Indonesia 10 Minuman Khas Indonesia Populer dan Mendunia, dari Kaki 5 Sampai Resto
wedang uwuh minuman khas Indonesia, Foto: khasiat.co.id

Riwayat minuman tradisionil Jawa memang menaruh bermacam narasi. Banyak type minuman tradisionil yang lahir hasil dari kreatifitas atau coba-coba. Minuman atau yang dalam Bahasa Jawa disebutkan dengan wedang, ada bermacam macamnya, diantaranya wedang jahe, wedang ronde, wedang secang, sampai yang disebutkan wedang uwuh.

Dari beberapa jenis type wedang, wedang uwuh jadi satu diantara type yang unik, bila disaksikan dari namanya. Wedang yang dalam bahasa Jawa berarti minuman, sesaat uwuh sendiri berarti sampah. Tetapi jangan salah kira, wedang uwuh ini bukanlah sembarangan minuman sampah, tapi sampah yang disebut di sini yaitu dedaunan organik, yang tentu saja memiliki kandungan banyak manfaat.

8. Wedang Ronde

wedang ronde minuman khas Indonesia 10 Minuman Khas Indonesia Populer dan Mendunia, dari Kaki 5 Sampai Resto
wedang ronde minuman khas Indonesia, foto: pinterest

Wedang ronde adalah minuman tradisionil yang datang dari Jawa. Wedang sendiri bermakna minuman. Wedang ronde ialah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebutkan ronde. Umumnya diberikan dengan kacang yang telah disangrai, kolang-kaling, serta potongan roti di minuman itu.

9. Bajigur

Bajigur minuman khas Indonesia 10 Minuman Khas Indonesia Populer dan Mendunia, dari Kaki 5 Sampai Resto
Bajigur minuman khas Indonesia, foto: kiranabakingjourney.blogspot.com

Bajigur ialah minuman hangat ciri khas warga Sunda dari wilayah Jawa Barat, Indonesia. Bahan intinya ialah gula aren, serta santan. Untuk meningkatkan kesenangan dicampurkan juga dikit jahe, garam serta bubuk vanili.

Minuman yang diberikan panas ini biasa di jual dengan memakai gerobak yang mengikutkan kompor. Bajigur paling pas diminum saat cuaca dingin serta basah setelah hujan. Makanan yang seringkali disajikan bersama dengan bajigur ialah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.

 

10. Minuman Lahang

1563068936 275 19 Minuman Khas Indonesia Dari Tradisional Sampai Modern 10 Minuman Khas Indonesia Populer dan Mendunia, dari Kaki 5 Sampai Resto
Lahang Minuman Minuman Khas Indonesia, foto: halomuda

Lahang adalah minuman ciri khas Indonesia yang terbuat dari nira, rasa manis serta fresh ialah ciri dari minuman ini.

Lahang didapat dari sadapan pohon aren. Yang disadap ialah bunga jantannya. Langkah menyadapnya juga tidak asal-asalan. Beberapa petani umumnya akan pergi lebih dini untuk menyadap aren supaya kesegarannya terbangun. Konon pada keadaan tersendiri air dari bungan jantan pohon aren ini jika terlambat menyadap akan menjadi cuka atau tuak. Serta pohon dari bunga yang akan disadap akan baik jika telah berumur 5 tahun.

Menyadap nira dari bunga jantan tidak gampang. Beberapa lama sebelum di sadap, ijuk yang menempel pada tongkol bunga jantan harus dibikin bersih.