Ini Nih 10 Bukti Jika Kebiasaan dan Tempat di Vietnam Mirip Seperti di Indonesia. Mau Liat

eketawa.com – Setiap negara pasti punya kebiasaan dan keunikan tersendiri. Namun tahukah kamu jika di Asia Tenggara ini ada dua negara yang punya kemiripan. Sebut saja Indonesia dengan Vietnam.

Dari beberapa penelusuran diketahui jika Indonesia juga memiliki kemiripan dengan negara yang dijuluki Vietnam Rose itu mulai dari kegiatan sehari-hari penduduknya hingga kulinernya.

Percaya atau tidak, kali ini ada 10 bukti jika kebiasaan dan tempat di Vietnam mirip seperti di Indonesia. Dilansir dari viral.id, yuk check it out !

1. Sama seperti sate lilit, sekilas kedua makanan ini terlihat mirip. Yang membedakan adalah isinya, jika di Vietnam berisi daging Babi, di Indonesia lumpia ini biasa berisi sayuran seperti tauge, wortel atau rebung.

Vietnam vs Indonesia (gambar:source)

2. Vietnam juga punya sate lilit seperti di Bali lho! Bedanya, kalau Bali pakai daging ikan, tapi kalau di Vietnam pakai daging babi.

Vietnam vs Indonesia (gambar:source)

3. Kayaknya dari dua gambar ini yang membedakan hanya bangku Warung pinggir jalan di Indonesia lebih tinggi daripada di Vietnam. Udah pernah kesana belum?

Vietnam vs Indonesia (gambar:source)

4. Barang-barang yang dijual dipasar juga kebanyakan hampir sama lho jenisnya. Para pedagang pasar di Vietnam juga menggelar dagangannya sama seperti pasar di Indonesia.

Vietnam vs Indonesia (gambar:source)

5. Ini adalah potret petani di Indonesai dan Vietnam. Nggak cuma pria saja yang bekerja di sawah, para wanita juga ikut turun tangan seperti pada gambar dibawah.

Vietnam vs Indonesia (gambar:source)

6. Bukan cuma sawahnya aja, tapi cara membajak sawahnya pun sama!

Vietnam vs Indonesia (gambar:source)

7. Ternyata nggak cuma Indonesia aja yang punya sistem persawahan tersering kaya gini, karena di Vietnam Utara juga ada sawah yang bentuknya mirip dengan yang ada di Bali.

Vietnam vs Indonesia (gambar:source)

8. Akrab banget kan dengan kendaraan ini? Jika Indonesia punya becak, Vietnam juga nggak mau kalah nih, nama kendaraannya adalah Xich Lo.

Vietnam vs Indonesia (gambar:source)

9. Di Vietnam kendaraan motor roda dua juga masih menjadi transportasi yang dibutihkan. Bahkan untuk mengangkut barang-barang yang nggak semestinya. Sama seperti Indonesia kan?

Vietnam vs Indonesia (gambar:source)

10. Sama seperti Jakarta, ibukota Vietnam, Hanoi juga sangat ramai dan padat. Lalu lalang kendaraan selalu memenuhi jalan dan menciptakan kemacetan.

Vietnam vs Indonesia (gambar:source)

Gimana menurut kamu guys ?

sumber berita

10 Gambar Meme Lucu ‘Bahasa Jawa’ ini bikin Kamu Ngakak Lihatnya


eketawa.com – Bahasa jawa adalah bahasa daerah yang menjadi simbol identitas suku jawa di Indonesia. Orang jawa di Indonesia selain bisa mengerti bahasa nasional seperti bahasa Indonesia dan bahasa Internasional, mereka juga harus mengerti bahasa daerahnya sendiri dengan baik.

Setiap bahasa pada dasarnya memiliki arti yang sama hanya saja pengucapan dan kalimatnya yang berbeda. Percaya gak kamu jika bahasa nasional atau internasional juga bisa diartikan dalam bahasa jawa.

Seperti yang dilansir dari pulsk.com, inilah dia 10 gambar meme lucu bahasa jawa yang bikin kamu ngakak lihatnya. Yuk, simak !

1. Kumpulan judul lagi Bahasa Inggris jika diartikan dalam Bahasa Jawa. Baca sampai akhir ya!

Bahasa Jawa (gambar:source)

2. Segala macam daging yang bisa dikonsumsi, semua disebut iwak atau ikan. Nah, kalau daging ikan apa ya?

Bahasa Jawa (gambar:source)

3. Betapa simpelnya melamar pasangan dengan bahasa Jawa. Tinggal bilang “rabi yo”, nggak pake ribet.

Bahasa Jawa (gambar:source)

4. Bukan cuma satu, tapi satu hal ada banyak istilah dalam Bahasa Jawa. Kaya bahasa banget kan?

Bahasa Jawa (gambar:source)

5. Ujung-ujungnya mantan..jadi susah move on kan?

Bahasa Jawa (gambar:source)

6. Setajam Silet!

Bahasa Jawa (gambar:source)

7. Yakali disamain sama Lan-nya komputer.

Bahasa Jawa (gambar:source)

8. Beda tipis antara merk laptop dengan anjing dalam Bahasa Jawa.

Bahasa Jawa (gambar:source)

9. Ini buktinya kalau Bahasa Jawa lebih simpel dibandingkan bahasa lainnya.

Bahasa Jawa (gambar:source)

10. Lambe turah artinya?

Bahasa Jawa (gambar:source)

Gimana menurut kamu guys, kocak ya ?

iklan

sumber berita

Nama Peserta Ujian CPNS ini Unik banget. Jarang jarang ada yang seperti ini

eketawa.com – Seleksi calon Pegawai Negeri Sipil Kemenkumham telah dibuka sejak Agustus 2017 yang lalu. Tahapan bagi peserta CPNS pun telah dijadwalkan pada masing-masing website.

Dan bagi peserta yang dinyatakan lulus administrasi, mereka akan mendapatkan kartu peserta ujian dengan sistem CAT.

Nah, kali ini natizen dihebohkan dengan salah satu kartu peserta ujian CPNS gara-gara memiliki nama yang unik banget.

Dalam unggahan foto di twitter @BKNgoid terdapat kartu peserta ujian CPNS 2017. Dalam kertas tersebut, tercantum biodata dan foto lelaki yang bernama “Pria Indonesia”.

Nama CPNS (Gambar:source)

“#SobatBKN , Peserta SKD CAT-BKN CPNS @Kemenkumham_RI memiliki nama Wahhh.”PRIA INDONESIA”,” tulisnya.

Dan lucunya lagi, tepat di bawah nama tersebut tercantum jenis kelamin lelaki itu. Sebab, seharusnya tak perlu diisi kolom di bagian warga negara dan jenis kelamin lantaran namanya sudah cukup mewakili: “Pria Indonesia”.

Hingga pada akhirnya postingan tersebut membuat heboh natizen. Beberapa natizen pun tak segan untuk menuliskan komentaranya.

Nama anak nya “anak indonesia”,” seru @humala_pahut.

“Istrinya wanita indonesia,” tambah @MarianaSospol.

“Kalo lulus ntar ganti nama jadi “pria idaman” mas,” timpal @Wenny_KD.

“nasionalisme bangat namanya!,” puji @armillaode.

“Semoga ketemu jodoh ‘wanita indonesia’,” harap @hendhihendhi.

“Mantap banget namanya min , semoga kepribadiannya sama dengan namanya ya Pria yang selalu membela dan cinta Indonesia,” tulis @GebyAfgeby.

Bahkan ada salah satu warganet yang mengecek nama lelaki tersebut dan nama lelaki tersebut memang ada.

“Saya sampe beneran ngecek sendiri min, dan pria indonesia itu nyata min,” ungkap @julaehah.

Gimana menurut komentar kamu guys ?

sumber berita

Coba Deh lihat! 8 Artis Indonesia ini Mirip banget ya dengan Pemain Bola Dunia

http://www.pulsk.com/652254/

eketawa.com – Percaya gak kamu jika manusia dilahir di dunia ini dengan 7 keturunan. Ini bearti manusia akan punya 7 kembaran di dunia walaupun dilahirkan dalam rahim yang berbeda.

Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya orang yang punya waja mirip padahal beda ayah dan ibu bahkan mereka tak ada ikatan saudara pun kadang punya wajah yang sangat mirip.

Seperti yang dilansir dari pulsk.com, inilah dia 8 artis Indonesia yang mirip banget dengan pemain bola dunia. Yuk, simak !

1. Dilihat dari wajahnya Ustadz Muhammad Arifin Ilham yang sangat mirip dengan Trezeguest pemain dari Juventus.

Artis mirip (gambar:source)

2. Karena rambut yang sama dan juga jenggot yang sama Reza Rahardian terlihat sangat mirip dengan Pato pemain sepak bola dari Brazil.

Artis mirip (gambar:source)

3. Dilihat dari wajah dan pesonanya artis senior Jeremy Thomas ini benar-benar terlihat sangat mirip dengan Luis Figo pemain sepak bola dari Portugal.

Artis mirip (gambar:source)

4. Dilihat dari gaya rambut dan jenggotnya penyanyi Rio Febrian sangat mirip dengan pemain sepak bola Arturo Vidal dari Chili.

Artis mirip (gambar:source)

5. Dilihat dari wajah dan gaya rambut Al Ghazali memang benar-benar mirip dengan pemain sepak bola Cristiano Ronaldo dari Portugal.

Artis mirip (gambar:source)

6. Dilihat dari bentuk mata yang sipit vokalis band Hijau Daun ini terlihat sangat mirip dengan pemain sepak bola yang bernama Kagawa dari Jepang.

Artis mirip (gambar:source)

7. Dilihat dari bentuk wajah dan postur tubuh artis Nino Fernandez benar-benar mirip dengan pemain sepak bola Robert Lewandowski dari Polandia.

Artis mirip (gambar:source)

8. Dilihat dari mata, wajah, dan rambut artis ganteng Dimas Anggara terlihat sangat mirip dengan pemain sepak bola yang bernama Ozil dari Jerman.

Artis mirip (gambar:source)

Gimana menurut kamu guys ?

More From: Gosip




sumber berita

4 Artis Cantik ini Mengaku Berteman dengan Hantu Lho!

eketawa.com – Berteman dengan hantu memang sebagian orang banyak yang tidak percaya. Cerita- cerita mitos soal hantu pun kadang bisa bikin orang tak percaya karena dianggap hanya sebagai ilusi belaka.

Namun ternyata di dunia ini ada beberapa orang yang memang mengaku hidup dengan mahluk halus. Bukan hanya seorang dukun atau para normal lainnya, melainkan beberapa artis cantik Indonesia juga mengaku berteman dengan hantu. Keseharian mereka juga kadang ditemani dengan hantu.

Dilansir dari Brilio.net, inilah dia diantaranya:

1. Risa Saraswati.

Kawan hantu (gambar:source)

Salah satu anggota band The Sarasvati adalah orang-orang yang mengaku telah berteman dengan hantu. Mereka mengaku telah memiliki 5 teman dari dunia lain yang diantaranya Peter, Hans, William, Hendrick dan Janshen. Mereka adalah hantu cilik Belanda yang sudah berteman sejak Risa masih kecil.

2. Sara Wijayanto.

Kawan hantu (gambar:source)

Sara Wijayanto merupakan istri Demian ini mengaku juga berteman dengan hantu. Bahkan sejauh ini dirinya sering berkolaborasi untuk membuat video YouTube dengan judul diaRISARA, yang isinya mengulik tempat berhantu. Sara juga memiliki teman hantu bernama Suti, kuntilanak yang tinggal di pohon di halaman rumahnya.

3. Cinta Penelope.

Kawan hantu (gambar:source)

Cinta Penelope adalah srtis cantik yang mengaku berteman dengan anak genderuwo sejak kecil, tepatnya saat ia masih tinggal di Padang. Diakui artis cantik ini jika saat kecil ia sama sekali tidak tahu jika temannya tersebut adalah sosok makhluk gaib.

4. Zee Zee Shahab.

Kawan hantu (gambar:source)

Dan artis Indonesia yang juga mengaku berteman dengan hantu yakni Zee Zee Shahab. Artis manis berhijab ini juga mengaku memiliki hubungan baik dengan makhluk halus. Dirinya sering sekali dikerumuni dan diajak berkomunikasi serta dimintai tolong oleh hantu-hantu tersebut. Zee Zee Shahab pernah ingin menghilangkan indera keenam yang dimilikinya. Dia mengaku capek selalu bertemu makhluk halus.

“Waktu umur 17. Karena capek, banyak orang nggak percaya sampai akhirnya aku ikut terapi psikiater. Namun akhirnya nggak jadi kulakukan,” ujarnya kepada awak media.

Nah, itulah dia keempat artis cantik yang mengaku berteman dengan hantu.

sumber berita

Usia Boleh Terus Bertambah, Tapi Penampilan Krisdayanti Kini Malah Semakin Hot. Lihat nih Foto Fotonya

eketawa.com – Krisdayanti merupakan selebriti Indonesia yang dikenal punya penampilan awet muda nan seksi. Wanita yang sudah melahirkan 4 anak ini ternyata punya penampilan yang terus seperti anak ABG. Padahal usianya kini sudah menginjak 42 tahun, tapi tanda-tanda penuaan seperti tak terlihat di wajah KD.

Foto-foto seksi dan cantiknya Krisdayanti yang selalu tampil awet muda pun beredar di media sosialnya. Mau tahu seperti apa cantiknya penampilan Krisdayanti yang semakin tua tapi semakin seksi.

Dilansir dari Brilio.net, inilah dia diantaranya:

1. Meski sudah melahirkan empat orang anak, penampilan KD tetap seksi dan menawan.

Krisdayanti (gambar:source)

2. Bareng Aurel Hermansyah. Lebih terlihat seperti kakak adik daripada ibu dan anak, setuju?

Krisdayanti (gambar:source)

3. Sesi photoshoot bareng sang kakak, Yuni Shara. Penampilannya bak ABG, kece parah!

Krisdayanti (gambar:source)

4. Akun pribadi KD pun banyak dihujani komentar yang penasaran dengan rahasia awet mudanya.

Krisdayanti (gambar:source)

5. Begini nih penampilan Krisdayanti di usianya yang menginjak 42 tahun.

Krisdayanti (gambar:source)

6. Ini dia foto yang sempat bikin heboh jagat maya beberapa waktu yang lalu. Tidak terlihat seperti ibu empat anak.

Krisdayanti (gambar:source)

7. Salah satu rahasia awet muda KD: Olahraga!

Krisdayanti (gambar:source)

8. Jadi jangan heran kalau KD sempat didapuk sebagai Duta Ayo Olahraga.

Krisdayanti (gambar:source)

Gimana menurut kamu guys ?

So, buat kamu yang ingin awet muda, yuk olahraga secara rutin.

sumber berita

13 Gambar ini Bikin Ngakak, Seperti ini jadinya jika orang orang terkenal di Dunia Kerja di Indonesia

eketawa.com – Setiap orang pasti memiliki idola yang berbeda. Dan mereka yang namanya terpopuler tak heran jika sering dijadikan sosok primadona bagi para fansnya. Bahkan kadang mereka yang begitu ngefans dengan idolanya rela melakukan hal-hal konyol demi bisa meniru gaya idolanya tersebut.

Tak dipungkiri pula banyak orang kreatif yang membuat manekin-manekin artis terkenal untuk dipajang disuatu tempat yang bisa menjadi pusat perhatian.

Dan kali ini ada 13 gambar yang bisa bikin ngakak yaitu memperlihatkan sosok artis terkenal dipajang disuatu tempat yang tak biasa. Dilansir dari line.me, inilah dia diantaranya:

baca juga:  Minta Hp Baru Omongan Cewek ini Ke cowoknya Bikin Geram. Mau Liat ?

1. Dwayne Johnson alih profesi jadi tukang tambal ban

Gambar ngakak (gambar:source)

2. Numpung masih sepi, selfie dulu kali..

Gambar ngakak (gambar:source)

baca juga: Usia Boleh Terus Bertambah, Tapi Penampilan Krisdayanti Kini Malah Semakin Hot. Lihat nih Foto Fotonya

3. Ini akibat juara UFC Conor McGregor kalah main tinju

Gambar ngakak (gambar:source)

4. Babang Jason, angkut aku bang…

Gambar ngakak (gambar:source)

baca juga: 10 Gambar Meme Nurutin Gengsi ini nyindir Kamu Yang ngutamin Gaya tapi..

5. Mau ditemenin makan siang om Vin Diesel?

Gambar ngakak (gambar:source)

6. Rihanna ‘remang-remang’ Cell

Gambar ngakak (gambar:source)

7. Akibat digoreng dadakan

Gambar ngakak (gambar:source)

8. Yo whats up guys! Ucap om Versace on the floor

Gambar ngakak (gambar:source)

9. Gak ada ngutang!

Gambar ngakak (gambar:source)

10. Deadpool sebelum membeli tiket tujuan Bekasi

Gambar ngakak (gambar:source)

11. Proyek sampingan suami Kim Kardashian

Gambar ngakak (gambar:source)

12. Merajut kasih ala Wiz Khalifa

Gambar ngakak (gambar:source)

13. Lu yang Bayar

Gambar ngakak (gambar:source)

Gimana menurut kamu eketawers ?  sumber: brilio/inafeed

28 Nama Gelar Jin Dalam Istilah Orang Melayu

Assalamu’alaikum wr. wb.
Kisah teladan islami hadir kembali buat para pembaca sekalian. Kali ini akan dibahas istilah-istilah atau sebutan untuk jin bagi orang-orang melayu termasuk negara Indonesia ini.

Jin itu menurut orang-orang Melayu memiliki beberapa nama dan gelar menurut perwatakan dan bentuk penjelmaan mereka. Kebanyakan nama-nama jin itu dimulai dari hantu.


Hantu-hantu tersebut sebenarnya adalah dari golongan jin. Hanya saja orang-orang Melayu telah menggap bahwa hantu itu adalah makhluk yang berbeda dengan jin. Aneh bukan…hantu bukan jin jadinya, melainkan makhluk Allah SWT lainnya. Diantara jin-jin yang populer di kalangan masyarakat Melayu adalah sebagai berikut di bawah ini.

28 Nama Gelar Jin Dalam Istilah Orang Melayu

1. Hantu Rsya.
2. Hantu Toyol.
3. Hantu Pelesit.
4. Hantu Kubur.
5. Hantu Jerangkung.
6. Hantu Galah.
7. Hantu Bungkus.
8. Hantu Bidai.
9. Harimau Jadian.
10. Hantu Pontianak.
11. Hantu Langsuir.
12. Hantu Air.
13. Hantu Pari.
14. Hantu Laut.
15. Jin Tanah.
16. Hantu Pochong.
17. Hantu Pari-Pari.
18. Jembalang Tanah.
19. Hantu Polong.
20. Harimau Penanggal.
21. Hantu Bukit.
22. Hantu Punjut.
23. Hantu Bawah Tangga.
24. Hantu Kum-Kum.
25. Hantu Mati Dibunuh.
26. Hantu Kopek.
27. Hantu Tetek.
28. Hantu Tengelong.

Itulah 28 nama-nama atau gelar hantu menurut orang Melayu yang terkenal. Masih banyak nama-nama lainnya yang belum dikenali dan juga tida disebutkan di atas karena sebenarnya jumah jin itu sangatlah banyak sekali. Bahkan di tempat yang sempit pun bisa didiami oleh jutaan jin.

Mungkin dari sahabat-sahabat ada yang bisa menambahkan, silahkan berkomentar ya.
Dan untuk nama-nama gelar jin di negara Indonesia, Insya Allah akan menyusul dalam postingan berikutnya.

Asal Mula Pahala Ibadah 1000 Bulan Lailatul Qadar

Syam’un Al-Ghazi adalah seorang yang ahli ibadah, dimana selama 1000 bulan tak pernah lepas dari shalat malam dan siangnya selalu berpuasa. Namun pada suatu saat, ia justru dikhianati istrinya sendiri dan pada akhirnya istrinya mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT.

Kisah Asal Mula Pahala Ibadah 1000 Bulan Lailatul Qadar

Syam’un ini seorang muslim yang sangat disegani oleh kaum kafir Quraisy. Sudah tak terhitung lagi orang kafir yang mati di tangannya. Selain itu, Syam’un juga ahli ibadah dan tercatat ia sanggup beribadah selama 1000 bulan dengan shalat malan dan siangnya berpuasa.

Akan tetapi, apa yang terjadi…
Ternyata dibalik keistimewaannya itu justru Syam’un mempunyai istri yang kurang baikk. Akibatnya si istri tersebut diperdaya oleh kaum kafir Quraisy untuk membunuh suaminya sendiri. Pada awalnya sih si istri menolak dengan mentah-mentah ajakan kafir quraisy, namun karena ada iming-iming harta benda yang banyak, si istri akhirnya mau melakukan kejahatan itu.

Kafir Quraisy berkata,
“Kami akan memberimu seutas tali kuat, ikatlah tangan dan kakinya ketika dia tidur, nanti setelah itu kamilah yang bertindak untuk membunuhnya.”

Pada hari pertama

Pada hari pertama, istri Syam’un gagal karena ketiduran yang disebabkan karena suaminya terlalu lama mengerjakan shalat malam. Lama waktunya itu sehingga membuat istri Syam’un tak kuasa menahan kantuk yang amat sangat. Memang Syam’un tidurnya hanya sedikit saja dalam semalam. Dimana malam-malamnya hanya dipergunakan untuk beribadah kepada Allah SWT.
Keesokan harinya, istri Syam’un lapor kepada kaum kafir quraisy bahwa dia belm berhasil mengikat tangan dan kaki suaminya. Mereka tidak mempermasalahkan hal ini.

Pada hari kedua

Istri Syam’un berhasil mengikat suaminya ketika tidur dengan seutas tali yang kuat. Tatkala Syam’un bangun dan ingin beribadah kepada Allah SWT, ia terkejut karena kedua kakinya terikat.
“Wahai istriku, siapakah yang mengikatu dengan tali ini?” tanya Syam’un kepada istrinya.
“Aku yang mengikat, hanya sekedar mengujimu sampai sejauh mana kekuatanmu,” ujar istrinya.


Kemudian Syam’un segera memotong tali tersebut lalu bergegas menuju tempat peribadatannya. Maka gagallah rencana pembunuhan pada hari kedua itu.
Namun, sestelah itu, musuh-musuh kafir datang lagi dengan membawa rantai dan istri Syam’um siap mengikat suaminya lagi pada keesokan malamnya.

Pada hari ketiga

Istri Syam’un di hari ketiga itu berhasil lagi mengikat suaminya dengan rantai yang diberikan oleh orang-orang kafir quraisy.
“Wahai istriku, siapakah yang mengikatku kali ini?” tanya Syam’un dengan nada agak marah ketika bangun dari tidur.
“Aku yang mengikatnya, sekedar untuk mengujimu,” jawab istrinya.

Rahasia Kekuatan Syam’un

Lalu Syam’un segera menarik tangannya dan memotong rantai itu. Kemudian istrinya pun segera membujuk suaminya agar mau menceritakan rahasia kekuatan tubuh yang dimiliki suaminya. Akhirnya Syam’un bercerita juga, jika sebenarnya ia adalah seorang wali dari sekian banyak WALIYULLAH yang hidup di dunia ini.

“Wahai istriku, ketahuilah bahwa tidak ada seorang pun yang mempu mengalahkanku dalam perkara dunia kecuali rambutku ini,” jelas Syam’un.
Syam’un memang memiliki rambut yang panjang dan konon panjangnya digambarkan bahwa ujung rambutnya akan menyentuh tanah saat Syam’un berdiri.

Karena sudah mengetahui kelemahan suaminya, akhirnya mulailah istrinya mengikat tangan Syam’un dengan 4 helai rambutnya dan mengikat pula kakinya dengan 4 helai rambut milik Syam’un, sementara ia tetap dalam tidurnya.
Setelah bangun, Syam’un bertanya,
“Wahai istriku, siapakah yang mengikatku ini?”
“Aku, untuk mengujinmu,” jawab istrinya yang mulai keyakutan.

Setelah itu Syam’un berusaha dengan seganat tenaga untuk melepaskan ikatan itu, namun dai tidak berdaya untuk memotongnya.
Si istri langsung saja memberitahukan kepada kaum kafir quraisy tentang hal ini. Mereka datang dan membawa Syam’un ke tempat pembantaian. Ia diikat pada tiang, dan mulailah mereka menganiaya Syam’un.
Astaghfirullah…

Astaghfirullah sungguh biadab orang kafir quraisy.
Kedua telinga beliau ra dipotong-potong, selanjutnya juga mata dicukil, bibir, tangan dan kakinya.
Waliyullah yang satu ini tidak nampak kekesalan, bahwa wajahnya berseir-seri meski anggota tubuhnya dipotong-potong oleh orang-orang kafir quraisy.

Pertolongan Allah SWT Datang

Akhirnya pertolongan Allah SWT pun datang juga. Allah SWT memberi kekuatan kepada Syam’un yang kekuatannya tidak bisa dibayangkan dan melebihi kekuatan dari rambutnya sendiri. Syam’un hanya beringsut sedikit saja, putuslah tali rambut itu bahkan tiangnya juga ikut roboh dan hancur kecil-kecil.
Bukan itu saja, rumah yang dijadikan tempat pembantaian itu jug aturut hancur dan atapnya menimpa orang-orang kafir quraisy dan semuanya mati. Begitu juga dengan istrinya, juga ikut tertimpa reruntuhan atap rumah.


Begitulah sahabat, sekuat apapun seseorang, hanya Allah SWT sajalah yang tetap Terkuat sejagat raya.
Itulah Sahabat, kisah yang dikisahkan sendiri oleh Rasulullah SAW lewat sahabatnya kepada sahabat-sahabatnya.

“Ya Rasulullah…tahukah pahala yang telah dicapai oleh Syam’un?” tanya sahabat kepada Nabi Muhammad SAW.
“Tidak,” jawab Rasulullah SAW.

Lalu Allah SWT menyuruh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad dan menurunkan Surat Al Qadr.
“Hai Muhammad, Allah memberi Lailatul Qadar kepadamu dan umatmu, ibadah pada malam itu lebih utama daripada ibadah 1000 bulan,” ujar Malaikat Jibril.

Surat Al-Qadr ayat 1-5:
Allah SWT berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ ١
وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ٢
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ ٣
تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ ٤
سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ٥

Artinya:
1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan[a].
2. dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu?
3. malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4. pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5. malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.

Penjelasan ayat:
[a] Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr Yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran.

Mendengar berita itu, Rasulullah SAW menyuruh sahabat-sahabatnya untuk berburu malam Lailatul Qadar agar mendapatkan pahala seperti yang Allah AWT berikan kepada Waliyullah Syam’un Al-Ghazi.
Subhanallah…