Jadi Viral! Cara Cetak Gol Pinalti ini Paling Aneh sedunia, Lihat Cara Bola Masuk Ke Gawang

eketawa.com – Bagi kamu yang hobby sepak bola, pasti tahu bagaimana liku-liku para pemain sepakbola untuk menggiring bola ke arah gawang. Dan kali ini, pemain sepak bola asal Thailand menghebohkan warga dunia maya dalam pertandingan amatir.

Pertandingan yang memperlihatkan duel Bangkok Sport melawan Satri Angthong di babak semifinal sebuah turnamen, harus dilanjutkan dengan adu penalti, setelah kedudukan imbang 2-2 di waktu normal.

Dan saat kedudukan penalti imbang 19-19, terjadi kejadian unik. Salah satu algojo Bangkok Sports melakukan tendangan penalti. Awalnya, tendangan tersebut mengenai mistar gawang. Mengira penalti tersebut tak masuk, kiper Satri Angthong melakukan selebrasi.

Ajaibnya, bola yang sempat mengenai mistar gawang, mengenai tanah. Setelah itu, bola justru berhasil masuk ke gawang. Kiper Satri Angthong menyesal karena sudah lebih dulu melakukan selebrasi.

Dan diketahui jika Satri Angthong gagal menunaikan tugasnya. Bangkok Sports melaju ke final berkat penalti yang tergolong unik. Salah satu penonton dalam duel di Queen Sirikit Anniversary, Phakawat Kunpatee, berhasil merekam kejadian unik ini. Video ini pun menjadi viral dan banyak menjadi perbincangan warganet.

“Adu penalti berlangsung lama. Kedua tim selalu bisa mencetak gol. Mereka menunjukkan kualitas yang bagus,” kata Kunpatte seperti dilansir The Sun.

“Setelah itu, salah satu tim sepertinya akan kalah karena gagal mencetak gol. Semua orang berpikir pertandingan selesai dan penonton mulai bersorak.

“Bola melambung, lalu mundur. Penonton melihat, tapi sang kiper tidak. Bola lalu berhasil masuk, lalu tim lain gagal. Ini lucu, sang kiper kelihatannya konyol. Sepertinya dia akan menangis,” lanjutnya.

Maju mundurnya bola masuk ke gawang itulah yang bikin penonton heboh. Seperti reka ulang namun ini terjadi secara fakta guys.

Penasaran bagaimana dengan kejadian tersebut. Yuk, check it out videonya.

 

Gimana menurut kamu guys ?

 

sumber berita

10 Desain Tangga ini Gak Masuk Akal Banget, Lalu Fungsinya Untuk apa Coba?


eketawa.com – Tahukah kamu jika di dunia ini banyak sekali manusia yang kreatif. Dengan kekreatifan jari jemarinya, mereka bisa menciptakan sebuah karya seni yang begitu mengagumkan.

Namun ada beberapa karya-karya mengagumkan dari mereka tak memiliki makna yang berarti. Seperti 10 desain tangga ini gak masuk akal banget. Bahkan fungsi dari desain mereka pun jarang diketahui banyak orang.

Dilansir dari Line.me, inilah dia diantaranya:

1. Hati-hati, saat mencapai ujing tangga ini jidatmu bisa benjol. *

Desain aneh (gambar:source)

2. Kudu lompat dulu kalau mau keluar. *

Desain aneh (gambar:source)

3. Nggak paham lagi deh. *

Desain aneh (gambar:source)

4. Salah tukangnya apa arsiteknya nih? *

Desain aneh (gambar:source)

5. Nggak ramah difabel nih, curam banget gini. *

Desain aneh (gambar:source)

6. Faedahnya apa? *

Desain aneh (gambar:source)

7. Turuuun.. naik lagiii.. turun lagii.. berasa mendaki gunung. *

Desain aneh (gambar:source)

8. Nggak niat banget nih bikin jalan ramah difabelnya. *

Desain aneh (gambar:source)

9. Tangga menuju dunia lain. *

Desain aneh (gambar:source)

10. Mungkin ini bukan tangga, semacam buat duduk-duduk kayak di tribun gitu.

Desain aneh (gambar:source)

Gimana menurut kamu guys ?

iklan

sumber berita

6 Postingan Saat Emak Emak Main Medsos, Polos Banget ya tapi Kocak!

eketawa.com – Emak-emak kekinian adalah emak-emak yang gak mau kalah eksis dengan perkembangan zaman. Biasanya emak-emak yang sudah ketagihan dengan media sosial ini akan merasa dirinya seperti emak gaul dengan perkembangan teknologi masa kini.

Namun mirisnya, saking eksisnya kadang emak-emak malah berubah sikap menjadi alay. Bahkan postingan-postingan emak-emak kadang bikin kocak karena saking polosnya mereka dengan akun media sosialnya hingga menjadi bahan tawa natizen lain.

Seperti yang dilansir dari Brilio.net, kali ini ada 6 postingan emak-emak medsos yang polos banget.

1. Emaknya siapa nih? 🙁

Emak-emak gaul (gambar:source)

2. Semoga nggak sen kanan beloknya kiri ya mak.

Emak-emak gaul (gambar:source)

3. Serem ama gelangnya, ih.

Emak-emak gaul (gambar:source)

4. Hayooo, yang ngerasa tanggung jawab dong!

Emak-emak gaul (gambar:source)

5. Astaghfirullah, nyebut mak!

Emak-emak gaul (gambar:source)

6. Siapa mau nemenin tuh? Ntar dikasih pulsa.

Emak-emak gaul (gambar:source)

Nah, itulah dia beberapa postingan emak-emak yang kadang muncul di beranda media sosial guys, jangan heran ya.

sumber berita

10 Gambar Meme Cewek Naik Motor ini Bikin Kamu Ngakak Aja Liatnya


eketawa.com – Tahu kah kamu gimana tebiat cewek kalau sedang naik motor. Menurut para cowok atau pengendara jalan lain tebiat cewek kalau sedang naik motor itu seperti jalan raya milik dirinya sendiri.

Nah buat kamu para cewek yang mau instropeksi diri, coba deh lihat 10 gambar meme cewek naik motor yang bikin kamu ngakak aja lihatnya. Dilansir dari Brilio.net, inilah dia diantaranya:

1. Hayo buat para cewek, bener nggak nih?

The power of cewek (gambar:source)

2. Bibit emak-emak banget kan ini?

The power of cewek (gambar:source)

3. Pose apapun berani, yang penting yakin..

The power of cewek (gambar:source)

4. Waduh, gawat nih kalau gini..

The power of cewek (gambar:source)

5. Demi bisa pulang bareng belanjaan, aku rapopo kok..

The power of cewek (gambar:source)

6. Siapa yang sering kayak gini?

The power of cewek (gambar:source)

7. Hmm, bener apa bener nih girls?

The power of cewek (gambar:source)

8. Cewek aja naik Ducati, masa kamu kalah?

The power of cewek (gambar:source)

9. Nggak ninja nggak boleh dicinta, katanya..

The power of cewek (gambar:source)

10. Saking sayangnya sama motor..

The power of cewek (gambar:source)

Gimana menurut kamu guys ?

iklan

sumber berita

Bikin Tanda Tanya? Sosok Misterius Ini Tiba Tiba Ikut Brefing Pekerja Bangunan, Yang lain gak ada yang kenal. Hantukah ini?

eketawa.com – Hal-hal misterius memang kadang bisa bikin heboh. Postingan berbau mistis memang kadang bisa bikin natizen heboh sendiri. Apalagi postingan-postingan berbau mahluk halus.

Dan kali ini seorang warganet mengisahkan pengalaman mistisnya. Dia sempat mengabadikan momen ganjil tersebut dan mengunggahnya di Facebook.

Kejadian itu berawal ketika seorang mandor melakukan brefing bersama para pekerja saat menyelesaikan sebuah proyek di malam hari. Ketika itu, para pekerja mendengarkan dengan saksama. Namun ada satu pria tak dikenal yang nyempil di antara para pekerja itu.

Pria itu mengenakan helm hijau dengan atasan berupa jaket yang dibuka resletingnya menampakkan dalaman hitam. Dia sendiri yang tidak mengenakan rompi safety.

Hantu (gambar:source)

“Hasil jepretan semalem, gak ada yang kenal pekerja yg helm Hijau, ikut briefing gak ngomong apa-apa dateng gitu aja pergi gitu aja .. Pas diZoom mukanya ternyata.. ahh sudahlah,” tulisakun Moch Yacob.

Postingan tersebut langsung menjadi perhatian warganet dan mengundang berbagai macam komentar. Di kolom komentar, Yacob meneruskan penjelasan membalas pertanyaan para rekan-rekannya.

“Gimana mau nanya itu lagi pada breefing pada dengerin intruksi. Pas breefing selesai yg lain pada bilang siap, dia diem aja. Udah gitu langsung pergi gitu aja gak ngomong apa apa lagi sampe yang lain bingung.

Pas diikutin gak tau ke mana arahnya. Klo editan mana mungkin sempet. itu kan foto langsung nyampe ke MK jepret langsung kirim. Orang MK juga nanya itu baju hitam siapa, kan intruksinya udah dihitung berapa anggota tiap team.

Yang lain juga mukanya gak tegang tegang banget biasa aja. Emang denger si area yang dia tuhu pas dia jalan itu sering makan korban pekerja,” tutur Yacob.

Selain itu, Yacob juga menjelaskan bahwa ketika pria berwajah datar itu pergi begitu saja ada yang berupaya mengejar. Namun, ketika disusul dengan motor ternyata tak ada jejaknya. Ketika ditanyakan kepada orang setempat tak ada yang mengaku melihat orang lewat.

“Lagi pula aneh juga itu rambut harusnya gak boleh nutupin mata pasti kena omel sama orang safety. Minimal dikuncir atau pakai slayer. Tambah tegang aja gue. Aim pisan yg fotoin,” tambah Yacob menanggapi komentar lainnya.

Yacob juga menjelaskan jika foto itu di dapat saat dirinya brefing pengerjaan bangunan di area Pacuan Kuda Pulomas Jakarta Timur. Menurut pengakuannya, penerangan di tempat itu memang belum maksimal dan sering terjadi kejadian mistis.

Menurut kamu apakah itu penampakan hantu atau hanya editan guys ?

sumber berita

Kisah Raja Zalim Mati Sebelum Bertobat

Kematian adalah rahasia Ilahi, jika sudah waktunya tiba, tak ada seorang pun yang dapat mencegahnya atau menundanya. Tak seorang pun bisa memajukan ataupun mengundurkan kematian sekalipun nabi dan rasul kecuali atas kehendak Allah SWT.

Banyak juga yang kelihatannya di pagi harinya sehat wal afiat bercenkerama dengan teman-temannya, namun ketika mmenjelang siang, nyawa sudah berpisah dari badannya.

Ada pula yang sedang beraktivitas, di tempat parkir, bekerja, di jalan, tidur maupun tengah shalat. Tak disangka malaikat maut datang dan mencabut nyawanya.

Hal ini seperti kisah di bawah ini.

Dahulu kala ada seorang raja yang zalim dan ia meninggal sebelum sempat melakukan tobat dari kesombongan dan kezalimannya. Bagaimana kisahnya.

Berikut Kisahnya

Dalam kitab Dzikir Al-Maut wa ma Ba’dahu, Ihya’ Ulumuddin buah karya Imam Al Ghazali dikisahkan bahwa ada raja yang sombong dan hanya memandang orang lain dengan sebelah mata saja.

Pemimpin itu begitu zalim kepada rakyatnya hingga malaikat maut mencabut nyawanya.

Raja itu merasa hanya dirinyalah yang paling berkuasa dan tidak ingin ada orang lain yang duduk di singgasananya. Ia selalu bertendak semena-mena dan ia akan menghukum bagi siapa saja yang berusaha melawannya.

Raja itu benar-benar melupakan bahwa kalau dunia ini tidaklah abadi, termasuk dirinya dan kerajaannya. Harta benda serta kekuasaannya telah menutupi hatinya dari cahaya Ilahi.

Teguran Malaikat

Pada suatu ketika raja dikawal banyak sekali prajurit untuk mengunjungi daerah kekuasaannya. Dengan penuh kesombongan ia memulai perjalanannya dengan menunggangi kuda yang terbaik.

Tiba-tiba di tengah perjalanan pada malam hari, perjalanannya terhenti. Entah bagaimana mulanya, yang jelas, raja didatangi oleh seseorang dengan penampilan yang kusut dan kumal.

Orang tersebut mengucapkan salam kepda sang raja, namun sang raja tidak menjawabnya. Merasa terhina, orang tersebut kemudian merampas tali kekang kuda sang raja.

“Lepaskan ! Kamu telah melakukan kesalahan yang besar, “ujar raja dengan murka.
“Aku ada satu permintaan kepada Anda, “jawab orang itu.
“Sabarlah tunggu sampai kudaku berhenti dulu, “kata raja.
“Tidak, sekarang juga, “kata orang itu sambil memegang kekang kuda agar berhenti.
“Ayolah, katakan padaku apa keperluanmu, “kata raja.
“Ini rahasia, tak boleh seorang pun mendengarnya, “kata orang itu.

Maka sang raja mendekatkan kepalanya ke orang itu dan orang tersebut berkata,
“Aku adalah malaikat maut.”


Permintaan Terakhir

Mendengar hal terrsebut, seketika wajah raja pucat pasi ketakutan. Lidahnya kelu tak dapat berbicara. Dengan gemetar raja berkata,
“Berilah aku tenggang waktu sampai aku kembali kepada keluargaku untuk mengucapkan selamat tinggal dan menyelesaikan semua urusanku,”

Sang Malaikat Maut itu berkata,
“Demi Allah, tidak bisa! Kamu sudah tidak sempat lagi melihat keluargamu, hartamu, dan kerajaanmu.”

Setelah berkata demikian, malaikat maut langsung mencabut nyawa sang raja. Seketika itu juga sang raja jatuh tersungkur dari kudanya laksana seonggok kayu kering.

Sang raja telah meninggal dunia sebelum sempat bertobat. Ia mati dengan segala kesombongan dan kezaliman yang dilakukan terhadap rakyat-rakyatnya.

Detik-Detik Terakhir Wafatnya Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani

Assalamu’alaikum wr. wb.

Hadir kembali Blog Kisah Teladan Islami di sore hari ini dengan mengangkat judul Kisah Wafatnya Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani. Pada waktu Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani merasakan sakaratul maut, jasadnya juga merasakan sakit. Akan tetapi tidak dengan hatinya. Saat itu hatinya benar-benar merasa sangat dekat dengan Allah SWT.

Berikut Kisahnya

Syeikh Abgul Qadir Al-Jailani merupakan salah seorang ulama Ahlussunnah yang berasal dari Negeri Jailan. Kepada negeri inilah beliau dinasabkan sehingga disebut “Al-Jailani” yang artinya seorang yang berasal dari Negeri Jailan. Ia lahir pada hari Rabu, Bulan Ramadan 470 H atau 1077 M.

Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani kemudian tumbuh menjadi seorang ulama sufi yang kemasyurannya setingkat dunia. Ia memiliki pribadi yang teguh dalam berprinsip, sang pencari sejati, dan penyuara kebenaran kepada siapa saja dan dengan resiko apapun.

Usianya dihabiskan untuk menekuni jalan tasawuf, hingga ia mengalami pengalaman spiritual dahsyat yang mempengaruhi keseluruhan hidupnya. Dalam belasan karya orisinilnya, dapat dijumpai jejak Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani.

Pertanyaan Sang Anak

Selain banyak mewarisi karya tulis, Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani meninggalkan beberapa nasehat menjelang kewafatannya. Akhir hayat Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani didahului dengan kondisi kesehatannya yang terus menurun. Kala itu putra-putranya menghampiri dan mengajukan sejumlah pertanyaan.

“Berilah aku wasit wahai ayahku. Apa yang harus aku kerjakan sepeninggal ayah nanti?” tanya putra sulungnya Abdul Wahab.
“Engkau harus senantiasa bertakwa kepada Allah. Janganlah takut kepada siapapun kecuai kepada Allah. Setiap kebutuhan, mintalah kepadaNya. Jangan berpegang selain kepada tali-Nya. Carilah segalanya dari Allah,” jawab sang ayah yang saat itu tengah menghadapi sakaratul maut.

“Aku diumpamalan seperti batang tanpa kulit. Menjauhlah kalian dari sisiku sebab yang bersamamu itu hanyalah tubuh lahiriah saja, sementara selain kalian, aku bersama batinku,” sambung Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani.


Hatinya Dekat dengan Allah SWT

Sementara itu, putranya yang lain yang bernama Abdul Aziz terlihat akan bertanya kepada ayahnya, namun belum sempat berucap, Syeikh Abdul Qadir Aljailani langsung menyahut,
“Jangan bertanya tentang apapun dan siapapun kepadaku. Aku sedang kembali dalam ilmu Allah.”

Tak lama berselang, putranya yang lain yang bernama Abdul Jabar, bertanya,
“Apakah yang dapat ayahanda rasakan dari tubuh ayahanda?”
Syeikh Abdul Qadir menjawab,
“Seluruh anggota tubuhku terasa sakit, kecuali hatiku. Bagaimana ia dapat sakit, sedangkan ia benar-benar bersama Allah.”

Kemudian Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani menyambung lagi.
“Mintalah tolong kepada Tuhan yang tiada Tuhan selain Dia. Dialah Dzat yang Hidup, tidak akan mati, tidak pernah takut karena kehilangan.”

Akhirnya kematian pun segera menghampiri Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani. Beliau menghembuskan nafas terakhir di Baghdad setelah maghrib tanggal 9 Rabiul Awal 561 H atau 15 Januari 1166 M. Sang Syeikh meninggal dala usia 89 tahun.

Demikian kisah detik-detik terakhir meninggal Sang Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Hadiah Iblis Bagi Setan yang Berhasil Menggoda Manusia

Assalamu’alaikum wr.wb.

Pada kisah sebelumnya telah diceritakan tentang Cara Iblis Menghukum Setan yang gagal dalam menggoda manusia. Selanjutnya sebagai kelanjutannya adalah apa saja hadiah buat para setang yang telah berhasil dengan sukses menggoda manusia.

Dalam Kitab Thanbihul Ghafilin dikisahkan bahwa apabila setan-setan itu sukses membuat manusia enggan melaksanakan shalat, maka setan itu akan menerima pujian dan dimuliakan di hadapan iblis.

Shalat adalah ibadah paling menentukan posisi seorang hamba di akhirat kelak. Jika shalatnya baik, maka baiklah nilai amal yang lain. Dan begitu juga dengan sebaliknya. Wajar jika iblis menugaskan tentara khususnya untuk menggarap tugas ini.


Ada setan spesialis yang mengganggu orang shalat, menempuh segala cara agar shalat seorang hamba kosong dari nilai atau minimal rendah kualitasnya. Stan itu bernama “Khanzab”.

Utsman bin Affan pernah bertanya kepada Raulullah SAW,
“Wahai Rasulullah, setan telah mengganggu shalat dan bacaanku.”
Rasulullah SAW bersabda,
“Itulah setan Khanzab, jika engkau merasakan kehadirannya, maka bacalah ta’awud kepada Allah dan meludah kecillah ke arah kri tiga kali.”
(HR. Ahmad).

Wassalamu’alaikum wr.wb.

7 Godaan Iblis Saat Sedang Sekarat

Assalamu’alaikum wr wb.

Iblis laknatullah memang tidak akan pernah menyerah untuk menyesatkan manusia. Bahkan pada saat detik-detik terakhir hidupnya manusia, iblis datang dengan membawa 7 golongan dengan tujuan mengajak manusia untuk masuk ke dalam neraka.

Kisahnya

Tak ada yang bisa selamat dari godaan iblis ini, KECUALI atas izin Allah SWT.
Oleh karena itulah kita senantiasa harus ingat akan ajaran yang disampaikan Rasulullah SAW untuk memohon perlindungan Allah SWT dari godaan iblis yang terkutuk.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW mengajarkan doa sebagai berikut,
“Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari tipuan setan di waktu sakaratul maut.”

7 Golongan Penggoda Manusia Saat Sekarat

Ketika manusia sedang dalam keadaan sakaratul maut, ia akan menemui7 golongan iblis yang akan mengajak kesesatan.
Siapa saja mereka.


Golongan pertama adalah iblis yang datang dengan berbagai rupa aneh seperti emas, perak dan lain sebagainya.
Golongan kedua adalah iblis yang datang dengan menyerupai binatang buas seperti harimau, srigala, dan ular yang berbisa.
Golongan ketiga adalah iblis yang menyerupai binatang kesayangannya.

Sedangkan golongan yang ke empat aadalah iblis yang menyerupai orang yang paling dibenci oleh orang yang akan mati itu.
Pada saat iblis datang, bisa dipastikan orang yang akan mati itu akan bereaksi dan mati tanpa mengingat Allah SWT.

Kelompok ke lima adalah iblis datang dengan menyerupai sanak saudarany seperti ayah dan ibunya sambil membawakan makanan dan minuman. Perlu diketahui bahwa orang yang dalam keadaan sakaratul maut itu sangat dan sangat mengharapkan makanan dan minuman karena saking dahaganya keadaan itu.
Dengan begitu oang itu akan mengambil makanan dan minuman dari iblis yang menyerupai ayah dan ibunya.

Rombongan ke enam adalah iblis yang menampakkan diri sebagai ulama-ulama yang membawa banyak kitab sambil berkata,
“Wahai muridku, ternyata kamu sedang sakit di sini, karena itu aku bawakan kamu dokter dan obat-obatan.”

Tanpa pikir panjang, orang itu langsung meminum obat itu. Seketika sakitnya hilang, namun kemudian kambuh lagi.
Setelah itu, iblis berkata,
“Kali ini kami datang kepadamu untuk memberi nasehat agar kamu mati dalam keadaan baik, tahukah kamu bagaimana hakikat Allah SWT?”
“Aku tidak tahu,”jawab orang yang sekarat itu.

Ternyata Hanya Tipuan Iblis

“Ketahuilah,aku ini adalah seorang ulama yang sangat hebat. Kami baru saja kembali dari alam gaib dan telah mendapatkan surga tertinggi. Cobalah kamu lihat surga yang akan disediakan untukmu. Kalau kamu ingin mengetahui zat Allah SWT, maka patuhilah kami, “ucap iblis.

“Bagaimana Zat Allah itu? “tanya orang yang sekarat itu.
“Tunggulah sebentar lagi, dinding dan tirai akan dibukakan kepadamu, “jawab iblis.

Ketika tirai yang berwarna warna itu dibuka selapis demi lapis, maka orang yang dalam keadaan sekarat itu pun dapat melihat sebuah benda yang sangat besar, seolah-olah lebih besar dari langit dan bumi.
“Itulah dia Zat Allah SWT yang patut kita sembah, “jawab iblis.

“Wahau guruku, bukankah ini adalah hanya benda yang benar-benar sangat besar saja dan memiliki enam sisi seperti benda lain, atas bawah, kanan kiri dan depan belakang. Padalah Zat Allah SWT tidak menyerupai makhluk, Dia Maha Sempurna, Maha Suci dari sifat kekurangan. Tapi sekarang ini pula keadaannya, lain dari dari yang aku ketahui dulu. Tapi sekarang yang patut aku sembah ialah benda yang besar ini, “ujar orang yang sedang sekarat itu.

Dalam posisi penuh keraguan seperti itu, tiba-tiba Malaikat Maut datang dan terus mencabut nyawanya.
Maka matilah orang itu dalam keadaan kafir dan kekal di dalam neraka.

Rombongan yang ke tujuh atau yang terakhit adalah rombongan iblis yang datang dengan 72 barisan yang mengajak manusia tersesat di akhir hayatnya.

Astaghfirullah…

Semoga kita semua dimatikan dalam keadaan Khusnul Khatimah.
Amiiin…

Wa’alaikum salam wr wb.

Siksa Neraka Bagi Para Pengkhianat

Assalamu’alaikum wr. wb.

Khianat adalah sifat jelek yang terdapat dalam diri manusia. Khianat artinya bahwa seseorang yang menyeru kepada kebaikan tapi dia sendiri tidak melakukan kebaikan itu sendiri. Itulah salah satu ciri-ciri orang yang khianat. Sedangkan para pelaku khianat adalah pengkhianat. Dan kelak di akhirat para pengkhianat tersebut akan mendapatkan azab yang sangat pedih.

Kisahnya

Allah SWT menyukai para hamba-Nya yang selalu memerintahkan pada kebaikan serta mengamalkan kebaikan itu dengan penuh ketakwaan. Sebaliknya, Allah SWT akan murka terhadap orang yang hanya menganjurkan kebaikan kepada orang lain, tetapi justru dirinya sendiri tidak mengamalkan kebaikan seperti yang dikatakannya.

Kelak, orang-orang yang mengkhianati perkataannya sendiri itu akan mendapatkan azab yang sangat pedih di neraka. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam kitab Riyadlus Shalihin, buah karya Al Imam Al ‘Alamah Al Muhaddits, Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf an Nawawi ad Dimasqi as Syafi’i.

Dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa siksa Allah SWT akan sangat berat kepada orang-orang yang banyak menganjurkan pada kebaikan dan mencegah kemungkaran, akan tetapi ia sendiri justru lalai untuk mengerjakan kebaikan itu sebagaimana yang dianjurkannya kepada orang lain.

Mereka yang berkhianat atas ucapannya sendiri itu kelak di neraka akan disiksa. Tubuh mereka akan dilempar dengan sangat keras sehingga ususnya keluar dan mereka kekal dengan berputar-putar di nereka.
Astaghfirullah….

Tubuh Dilempar ke Neraka

Ada sebuah hadits yang menguatkannya. Balasan para pengkhianat ini digambarkan dalam hadits dari Abu Zaid (Usamah) bin Zaid bin Harits ra, berkata,
Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda,
“Seseorang dihadapkan di hari kiamat. Kemudian dilemparkan ke dalam neraka, maka keluar usus perutnya, lalu berputar-putar di dalam neraka bagaikan himar yang berputar di sekitar penggilingan, maka berkerumunlah ahli neraka paanya sambil berkata, ‘Hai Fulan, mengapakah engkau? Tidakkah dahulu menganjurkan kebaikan dan mencegah kemungkaran?’
Fulan itu pun menjawab, ‘Benar, aku dahulu menganjurkan kebaikan, tetapi tidak saya kerjakan, dan mencegah mungkar, tetapi saya sendiri kerjakan.”
(H.R. Bukhari Muslim).

Dengan demikian, sangatlah jelas bahwa seluas apapun ilmu seseorang tapi jika itu tidak diamalkan, maka semuanya akan menjadi sia-sia. Malah kelak orang-orang seperti itu akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda,
“Tapak kedua kaki hamba kelak di hari kiamat tidak akan bergeser hingga ia ditanya tentang empat perkara, diantaranya tentang ilmunya, apa yang telah ia amalkan.”
(HR. Turmudzi).

Berdasarkan hadits tersebut, jelaslah bahwa ilmu dan pengetahuan yang telah diberikan Allah SWT melalui Al Qur’an dan Hadits, tujuannya adalah untuk diamalkan, bukan hanya untuk diajarkan. Karena memerintahkan kebaikan namun tidak diimbangi dengan pengamalan dari dirinya hal itu sama saja dengan mendustakan.

Dalam Al Qur’an, Allah SWT berfirman,

أَلَمْ تَكُنْ آيَاتِي تُتْلَى عَلَيْكُمْ فَكُنْتُمْ بِهَا تُكَذِّبُونَ

Artinya:
“Bukankah ayat-ayat-Ku telah dibacakan kepadamu sekalian, tetapi kamu selalu mendustakannya?”
(QS. Al Mu’minuun : 105).

Ayat Al Qur’an Menjelaskan

Banyak sekali kandungan ayat Al Qur’an yang menjelaskan tentang kemurkaan Allah SWT pada orang-orang yang hanya bisa berkata dan memerintahkan kebaikan, namun ia sendiri tidak melakukannya. Di antara teguran keras tersebut ada dalam Surat Al Baqarah ayat 44 dan Surat Ash Shaff ayat 2-3.

Allah SWT berfirman,

أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَأَنْتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ أَفَلا تَعْقِلُونَ

Artinya:
“Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, Padahal kamu membaca Al kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir?”
(QS. Al Baqarah : 44).

Allah SWt berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لا تَفْعَلُونَ
كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لا تَفْعَلُونَ

Artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.”
(QS. Ash Shaff : 2-3).

Itulah azab yang diberikan Allah SWT terhadap orang-orang yang khianat. Semoga kita dihindarkan dari sifat khianat ini, bisa menasehati kebaikan tapi dia sendiri malah tidak melaksanakannya.

Wassalamu’alaikum wr. wb.