Cerita Lucu Tentara Penjaga Gerbang

Cerita Lucu Tentara Penjaga Gerbang

Seorang tentara baru sedang bertugas jaga di gerbang utama. Perintahnya jelas, tidak ada mobil yang boleh masuk kecuali ada stiker khusus di kaca depan.

Sebuah mobil Angkatan Darat besar datang dengan seorang jenderal yang duduk di belakang.

Si penjaga berkata, “Berhenti, siapa yang akan masuk?”

Sopir, seorang kopral, berkata, “Jenderal Jono.”

“Maaf, saya tidak bisa membiarkan Anda lewat, Anda harus memasang stiker di kaca depan.”

Jenderal mengatakan, “Kopral, jalan terus!”

Si penjaga berkata, “Tunggu dulu, Anda benar-benar tidak bisa masuk. Saya punya perintah untuk menembak jika Anda mencoba mengemudi masuk gerbang tanpa stiker.”

Jenderal itu mengulangi, “Saya beri tahu Anda, Kopral, jalan terus!”

Penjaga itu berjalan ke jendela belakang dan berkata lalu memberikan hormat, “Jenderal, mohon maaf saya baru dalam tugas ini. Apakah saya harus menembak Anda atau sopir Anda?”

Cerita Lucu Bapak Waktu Muda

Pada suatu hari Anak menangis pulang setelah bermain..

Anak: “Huuuuu~ Sakiiit..”

Bapak: “Kenapa nak? Kamu kok nangis?”

Anak: “Tadi ane dan temen2 di keroyok pak..”

Bapak: “Haah? Kok gak melawan? Lawan aja, Emang berapa lawan berapa?”

Anak: “Ane 3 sama temen ane, yang ngeroyok ada 5 pak..”

Bapak: “Huh! Dasar lemah, bapak dulu 2 lawan 10, temen bapak kabur, jadi bapak sendiri..”

Anak: “Waaah.. Bapak hebat loh, terus menang pak?”

Bapak: “Tau kenapa sudah 10 tahun ini bapak naek kursi roda? Gara2 itu tadi..

Anak: “*&^!%^&$@^$*”

3 Hal yang Membuat Iblis Menangis Keras

Assalamu’alaikum kawan-kawan yang seagama dan seiman.
Alhamdulillah pada malam ini admin bisa posting lagi setelah sebulan lamanya tidak ada postingan di blog ini.
Kali ini admin akan membeberkan mengenai 3 hal yang bisa membuat iblis menangis dengan keras. Di antara keduanya bisa kita lakukan saat ini dan satunya lagi sudah tidak bisa kita lakukan lagi karena hanya Nabi Muhammad SAW lah yang mampu membuat Iblis menangis.

Kisahnya.
Kenapa iblis kok sampai menangis begitu keras, ternyata iblis sangat sedih ketika manusia mendapatkan pelang untuk menghapus dosa-dosanya. Dlam beberapa riwayat disebutkan setidaknya ada tiga hal yang membuat iblis menangis, yaitu keutamaan Surat Al Fatihah, saat Rasulullah SAW lahir, dan ketika seorang mukmin mengucap salam.

Dalam Kitab Al Jami; Liakam Al Qur;an karya Imam Al Qurthubi dijelaskan bahwa ada 2 hal yang bisa menyebabkan iblis menangis dengan kerasnya.

Pertama.
Ketika diturunkannya Surat Al Fatihah, yang mana surat ini adalah surat yang paling afdhol di dalam Al Qur’an.

Kedua.
Ketika dilahirkannya Nabi Muhammad SAW, makhluk yang paling mulia sejagad raya.
Karena berkat bimbingan Beliau, orang yang sudah memiliki dosa setumpuk gunung bisa terhapus dosanya hanya dengan mengucapkan syahadat saja.

Sebagai contoh saja, pada jaman Rasulullah SAW ada orang yang tua renta kisaran berumur 100 tahun lebih mengadu kepada Rasulullah SAW.
“Ya Rasulullah, apakah agamamu bisa menghapuskan dosa-dosa yang telah aku perbuat, yang mana dosaku setumpuk gunung, berzina, mabuk, berjudi dan sebagainya dan kalau dikumpulkan akan melebihi dosa orang yang paling banyak dosanya di muka bumi ini,” kata orang tua itu.
“Bisa,” jawab Rasulullah SAW.
“Lalu apa yang harus aku lakukan?” tanya orang tua itu.
Kemudian Rasulullah SAW bersabda,
“Ucapkanlah Syahadat.”

Kemudian orang tua itu pergi menuju rumahnya.
Selang 3 hari kemudian terdengar kabar kalau orang tua itu meninggal dunia dan Rasulullah SAW pun bersabda,
“Orang tersebut termasuk golongan orang yang masuk surga.”

Lalu apa yang ketiga.
Ucapan salam. Ternyata ucapan salam dari seorang mukmin ke mukmin lainnya juga bisa membuat iblis menangis dengan kerasnya. Hal iniseperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Ibnu Abbas berkata,
“Sesungguhnya iblis yang terkutuk itu akan menangis pada saat seorang mukmin bersalam dan dia (iblis) berkata,
“Aduh, celakanya, kedua mukmin itu tidak akan berpisah melainkan akan diampuni dosa-dosanya.”

Rasulullah SAW sendiri sangat menekankan ucapan salam bagi seorang mukmin sebelum perkataan lain diucapkan. Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda,
“Barangsiapa yang berbicara sebelum memberi salam, maka janganlah kamu jawab.”

Hadits lainnya ada yang mengatakan.
Rasulullah SAW bersabda,
“Orang yang berkendaraan hendaklah memberi salam kepada orang yang berjalan kaki, orang yang berjalan kaki hendaklah memberi salam kepada orang yang duduk, dan orang yang sedikit hendaklah memberi salam kepada orang yang banyak.”

Itulah 3 hal yang bisa membuat iblis menagis denga keras. Sungguh sangatlah beruntung kita ini dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW.
“Allohumma Sholli ‘Alaa Muhammad…”

Kisa Inspirasi Si Penulis Cerpen dan Mahasiswa

Kisah Teladan Islami hadir kembali untuk para penggemar setia blog ini. Kisah ini sudah sangat terkenal dan sering kita baca dengan banyak versi dan tulisan.

Kali ini tentng dialog antara mahasiswa dan penulis cerpen terkenal. Bagaimana dialognya?
Berikut cuplikan dialognya.

Pada suatu hari, ada seorang mahasiswa tanpa disadari bertemu dengan seorang penulis cerpen terkenal di kotanya. Sontak saja, si mahasiswa senang bukan kepalang.

baca juga: INILAH Kisah Istri nabi ayub a. s yang Sangat Setia bernama …

Setelah agak lama ngobrol, selanjutnya terjadilah obrolan yang mengena dan dimulai dari si penulis cerpen.
Penulis cerpen berkata,
“Saya tak habis pikir, kenapa orang-orang Islam sangat emosional ketika mengetahui Al-Qur’an dibakar dan dihina oleh orang lain.

Kemudian penulis cerpen berkata lagi,
“Bukankah yang dibakar tersebut sebenarnya hanya kertas, sedangkan sejatinya Al-Qur’an itu masih murni tak terjamah dan tetap tersimpan di al Lauh al Mahfuz?”

Sejurus kemudian suasana menjadi hening oleh perkataan si ahli menulis cerpen ini. Dan kemudian penulis cerpen agak maju ke depan sambil memamerkan salah satu karyanya.

Seketika itu juga, mas mahasiswa langsung maju ke depan si ahli cerpen dan bertakata,
“Pak, boleh saya pinjam cerpennya?”
“Boleh saja, silahkan di sini banyak kumpulan cerpen karya terbaik saya,” kata si ahli cerpen.

Setelah menerima cerpen tersebut, kemudian mahasiswa tersebut merobek-robek beberapa halaman dari cerpen tersebut.

Tak disangka, si ahli cerpen dengan emosional berkata,
“Lho, saya pinjamkan cerpen itu untuk kamu baca, kenapa kok malah kamu robek-robek? Apakah Anda sudah memancing emosi saya?” Sambil tersenyum si mahasiswa itu menjawab,
“Lho Pak, bukankah ini hanya sekedar kertas saja. Sejatinya isi cerpen tersebut kan ada di benak dan pikiran Bapak. Kenapa Bapak juga emosional?”

Si mahasiswa melanjutkan,
“Tahukah Bapak kalau Al-Qur’an itu diturunkan Allah SWT kepada manusia untuk dibaca, bukan untuk dibakar-bakar.”

Si penulis cerpen tertunduk malu dan kemudian meminta maaf atas kekeliruan yang dikatakannya tadi.

baca juga: Kisah Jenazah Diziarahi Banyak Malaikat – Kisah Islami

Kopral vs Jendral #ceritalucu

Seorang tentara baru sedang bertugas jaga di gerbang utama. Perintahnya jelas, tidak ada mobil yang boleh masuk kecuali ada stiker khusus di kaca depan.

Sebuah mobil Angkatan Darat besar datang dengan seorang jenderal yang duduk di belakang.

Si penjaga berkata, “Berhenti, siapa yang akan masuk?”

Sopir, seorang kopral, berkata, “Jenderal Jono.”

“Maaf, saya tidak bisa membiarkan Anda lewat, Anda harus memasang stiker di kaca depan.”

Jenderal mengatakan, “Kopral, jalan terus!”

Si penjaga berkata, “Tunggu dulu, Anda benar-benar tidak bisa masuk. Saya punya perintah untuk menembak jika Anda mencoba mengemudi masuk gerbang tanpa stiker.”

Jenderal itu mengulangi, “Saya beri tahu Anda, Kopral, jalan terus!”

Penjaga itu berjalan ke jendela belakang dan berkata lalu memberikan hormat, “Jenderal, mohon maaf saya baru dalam tugas ini. Apakah saya harus menembak Anda atau sopir Anda?”

#ceritalucu

Tugas Jaga Seorang Tentara Baru #ceritalucu

Seorang tentara baru sedang bertugas jaga di gerbang utama. Perintahnya jelas, tidak ada mobil yang boleh masuk kecuali ada stiker khusus di kaca depan.

Sebuah mobil Angkatan Darat besar datang dengan seorang jenderal yang duduk di belakang.

Si penjaga berkata, “Berhenti, siapa yang akan masuk?”

Sopir, seorang kopral, berkata, “Jenderal Jono.”

“Maaf, saya tidak bisa membiarkan Anda lewat, Anda harus memasang stiker di kaca depan.”

Jenderal mengatakan, “Kopral, jalan terus!”

Si penjaga berkata, “Tunggu dulu, Anda benar-benar tidak bisa masuk. Saya punya perintah untuk menembak jika Anda mencoba mengemudi masuk gerbang tanpa stiker.”

Jenderal itu mengulangi, “Saya beri tahu Anda, Kopral, jalan terus!”

Penjaga itu berjalan ke jendela belakang dan berkata lalu memberikan hormat, “Jenderal, mohon maaf saya baru dalam tugas ini. Apakah saya harus menembak Anda atau sopir Anda?”

5 foto Artis Bollywood dengan Anaknya ini gantengnya gak Jauh beda ya! Cewek Pasti Naksir

eketawa.com – Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Begitu pula dengan manusia yang pasti punya kemiripan tidak jauh dari orangtua.

Hal ini terlihat juga dari beberapa artis Bollywood terkenal seperti  Shah Rukh Khan, Anil Kapoor, Jackie Shroff dan masih banyak lagi. Beberapa artis Bollywood tersebut sudah berstatus sebagai seorang kepala rumah tangga. Beberapa dari mereka pun telah dikaruniai seorang anak yang dipercaya sebagai keturunan lanjutan mereka.

Bukan hanya dari hobby, melainkan paras mereka juga tidak beda jauh. Dilansir dari Brilio.net, kali ini ada 5 foto artis Bollywood dengan anaknya yang gantengnya gak beda jauh.

1. Shah Rukh Khan dan Aryan Khan

Aktor tampan (gambar:source)

Shah Rukh Khan mempunyai putra sulung bernama Aryan Khan, hasil pernikahannya dengan Gauri Khan. Kini, Aryan telah tumbuh menjadi seorang pemuda tampan yang mewarisi wajah sang ayah.

2. Rishi Kapoor dan Ranbir Kapoor

Aktor tampan (gambar:source)

Selain itu,  Rishi Kapoor juga memiliki anak bujang bernama Ranbir Kapoor, yang kini malang melintang di dunia perfilman India. Ketampanan mereka sebelas dua belas guys.

3. Amitabh Bachchan dan Abhisek Bachchan

Aktor tampan (gambar:source)

Pasangan Amitabh Bachchan dan Jaya Bachchan juga melahirkan satu aktor berbakat yakni Abhisek Bachchan. Keduanya memiliki postur tubuh yang tegap, tinggi, serta berparas tampan.

4. Jackie Shroff dan Tiger Shroff

Aktor tampan (gambar:source)

Jackie Shroff yang mempunyai putra yang juga seorang aktor film tampan, yakni Tiger Shroff.

5. Anil Kapoor dan Harshvardhan Kapoor

Aktor tampan (gambar:source)

Anil Kapoor dan Harshvardhan Kapoor dianggap sebagai dua bersaudara antara kakak dan adik. Padahal keduanya adalah ayah dan anak. Harshvardhan dikabar sedang menggeluti dunia film Bollywood.

Nah, itulah dia kelima artis Bollywood yang wajahnya tidak kalah ganteng dengan anak kandungnya.

sumber berita

5 Artis ini Rela Pindah Agama Demi Cinta. Mau Tahu siapa saja mereka?

eketawa.com – Menjalin hubungan asmara tak seindah yang dibayangkan orang lain. Kadang hubungan asmara yang tampak romantis terus dan bahagia terus, tetapi di dalamnya terjalin sebuah perjuangan panjang. Bahkan kisah pahit sampai pindah agama pun akan dilalui demi menuju kisah cinta yang bahagia.

Pindah keyakinan bukan merupakan hal yang gampang. Seseorang yang rela mengorbanan keyakinannya demi kekasih yang dicintainya ini memang sesuatu yang luarbiasa.

Kisah pindah agama demi cinta ini juga telah dirasakan oleh para selebriti tanah air. Mau tahu siapa saja mereka ? dilansir dari merdeka.com, inilah dia 5 artis yang rela pindah agama demi cinta. Yuk, simak !

1. Marsha Timothy

Pindah agama (gambar:source)

Salah satu selebriti yang rela pindah agama demi cinta yakni aktris cantik Marsha Timothy memilih mejadi mualaf sebulan sebelum pernikahannya dengan aktor tampan Vino G Bastian. Pernikahan mereka pun langgeng. Dan kini keduanya dikaruniai seorang anak lucu bernama Jizzy Pearl Bastian.

2. Asmirandah

Pindah agama (gambar:source)

Asmirandah juga merupakan salah satu aktris yang rela pindah agama demi cintanya dengan pemain sinetron Jonas Rivanno. Kala itu, Asmirandah memilih untuk memeluk agama Kristen mengikuti keyakinan suaminya.

Kini setelah menikah, keduanya jarang muncul di televisi. Dan kabarnya, saat ini Asmirandah sedang membuka sebuah bisnis salon dan pakaian.

3. Chelsea Olivia

Pindah agama (gambar:source)

Kisah asmara Chelsea Olivia dan Glenn Alienskie memang bisa bikin banyak orang baper. Keduanya pernah dinobatkan sebagai pasangan paling romantis. Dibalik kisah romantis kedunya, Chelsea Olivia yang semula beragam Katholik berpindah keyakinan mengikuti suami. Kisah rumah tangga mereka pun tetap berjalan romantis ditambah lagi dengan kehadiran buah hati Natusha Olivia Alienski.

4. Christian Soegiono

Pindah agama (gambar:source)

Christian Soegiono juga memilih untuk pindah agama setelah menjalin hubungan cinta dengan Titi Kamal. Setelah menjalin hubungan 8 tahun pacaran, keduanya resmi menikah pada 31 Oktober 2008 silam. Christian Soegiono kini menjadi seorang mualaf, dirinya merasakan hubungan yang bahagia setelah dikaruniai seorang anak laki-laki tampan yang dinamai Arjuna Zayan Sugiono.

5. Samuel Zylgwyn

Pindah agama (gambar:source)

Aktor tampan Samuel Zylgwyn memilih pindah agama Khatolik setelah menikah dengan wanita pujaan hatinya, Franda.

Nah, itulah dia kelima seleb yang rela pindah agama demi cinta. Apakah kamu juga pernah punya kisah yang sama  guys ?

sumber berita

Curhatan Mulan Jameela soal Haters ini bikin Kamu Ikut sedih!

eketawa.com – Mulan Jemela menjadi salah satu selebriti yang tak henti-hentinya mendapatkan banyak komentar pedas dari para haters. Pasalnya, Mulan mendapatkan banyak bullyan dan cibiran natizen setelah dirinya menikah dengan Ahmad Dhani yang merupakan mantan suami sahabat duetnya sendiri Maia Estianty.

Saking banyaknya haters di akun media sosialnya dikabarkan jika pada tahun 2015, Mulan sempat mengganti akun Instagramnya.

Mulan pun mulai angkat bicara soal haters yang terus menganggu hidupnya. Dikutip dari akun Instagram @lambenyinyir, saat ditanya pendapat Mulan soal haters, Mulan malah kebingungan.

“Saya aja bingung kok ada haters ya di dunia ini. Tapi namanya kalau misalnya kita mikir hidup ya hidup itu tidak selamanya enak pasti ada nggak enaknya. Putih ada hitam, kanan ada kiri, atas ada bawah, jadi sama seperti ini ada orang ada suka ada orang tidak suka. Orang yang nggak suka dinamakan haters. Buat aku maknanya ya udah lah mereka haters ya mereka jadi diri mereka sendiri,” ungkap Mulan, seperti yang dilansir dari Brilio.net (23/10/2017).

Mulan juga melanjutkan mengenai tindakannya terhadap komentar negatif dari para haters.

Menurutnya yang penting, “aku tetap jadi diri aku sendiri. Ibunya anak-anak, istrinya dari suamiku, seorang penyanyi yang bisa kasih karya untuk orang banyak. udah itu aja. Sebenarnya makna haters itu harus nanya ke mereka sendiri karena mereka yang memilih menjadi haters”, pungkasnya.

Dan pada akhirnya, curhatan Mulan ini menjadi perhatian banyak natizen. Video tersebut telah dibagikan 290 ribu kali dan dibanjiri beragam komentar. Ada yang positif ada pula yang bernada negatif.

@mayyylan yang mendukung para haters dengan menulis, “Pacar direbut sahabat aja gw sakitnya kaya apa kali, apalagi ini, ya wajarlah ya kalo netijen murka”.

@wahsapt : “Bukan ngebelain si mahbun sih.. tpi knp yg di salahin cm si mahbun? Knp haters gak ngebully si botak? Kan prselingkuhan itu bkn trjdi hny krn 1 org tpi kan dua org yg saling gat*l.. hrsx si botak jg di bully hbis2an biar adil..”

So, gimana menurut komentar kamu guys ?

sumber berita

Ngeri Gara gara Badai, Jenazah Berusia Ribuan Tahun Berhasil ditemukan

eketawa.com – Sebuah kerangka manusia purba ditemukan oleh alat bantu pembersih jalanan air laut setelah terjadi bencana badai Ophelia.

Badai yang terjadi dengan kekuatan angin 75 mph itu menghantam jalanan setapak selama berjam-jam. Usai peristiwa itu berlangsung, ditemukan sebuah kerangka misterius yang di duga merupakan jenazah seorang manusia yang berusia lebih dari 1.000 tahun.

Patologi negara Marie Cassidy tiba di lokasi dan telah melakukan pemeriksaan awal pada temuan tersebut. Dan hasilnya menunjukkan bahwa jasad tersebut berasal dari Zaman Besi yang dimulai sekira 1.000 tahun lalu.

Untuk pemeriksaan lebih akurat, tubuh jenazah tersebut telah dibawa ke Dublin untuk penyelidikan forensik tentang bagaimana orang tersebut meninggal dan umur berapa ketika orang tersebut meninggal. Tulang jenazah tersebut akan disumbangkan ke Museum Nasional Irlandia di Dublin setelah seluruh penyelidikan selesai.

https://today.line.me/id/pc/article/Ngeri+Akibat+Badai+Jenazah+Berusia+1+000+Tahun+Berhasil+Ditemukan-0okZg2
jenazah misterius (gambar:source)

“Dari tempat ditemukannya, kita dapat mengatakannya dengan jelas bukan sebuah pemakaman baru-baru ini. Mayat itu mungkin diletakkan untuk beristirahat di sebuah kuburan batu yang hancur akibat erosi selama bertahun-tahun,” ungkap Arkeolog, Maeve Sikora, seorang ahli di Museum Nasional yang membantu menggali sisa-sisa jenaza, seperti yang dilansir dari line.me (23/10/2017).

Menurut hasil penyelidikan diketahui bahwa kerangka tersebut masih memiliki beberapa kulit yang masih menempel. Kerangka tersebut ditemukan di Kilmore Quay di Wexford, Irlandia pada Selasa siang.

Anggota dewan kota, Jim Moore mengatakan bahwa orang yang menemukan jenazah tersebut sedang berjalan-jalan sore di suatu tempat. Kekuatan badai yang sangat dahsyat tersebut mempercepat laju erosi pantai dan akhirnya mengungkapkan tubuh untuk pertama kalinya dalam berabad-abad dalam keadaan dan tempat yang misterius.

Dikabarkan bahwa badai Ophelia telah menyapu seluruh Inggris dan Irlandia minggu ini dan telah membawa hembusan angin kencang lebih dari 75 mph. 3 orang tewas di Irlandia pada Selasa waktu setempat karena dilanda angin topan dan 330.000 orang dibiarkan tanpa listrik dalam semalam.

Lihat juga : Wow!! Ini Dia 8 penemuan Ilmiah Paling Mengerikan Selama Tahun 2016

sumber berita

Istri Pertama Ikut duduk di Pelaminan pernikahan Suami dengan Istri Muda ini Jadi Viral

eketawa.com – Pernah gak kamu ngebayangin seorang pria yang menikah lagi dengan istri kedua namun istri pertama ikut duduk di pelaminan ? Dan ternyata kejadian seperti ini bukan hanya hayalan belaka melainkan sudah menjadi kejadian fakta.

Seperti yang sedang bikin heboh natizen baru-baru ini beredar foto-foto yang menunjukkan seorang pria duduk dikursi pelaminan dengan kedua istrinya. Di duga, acara pernikahan tersebut merupakan acara pernikahan si pria dengan istri keduanya.

Dan menariknya, bukannya sakit hari si istri pertama si mempelai pria tampak begitu ceria dengan menunjukkan ekspresi wajah yang berbinar-binar, ditambah ada senyum dan tawa di bibirnya.

Pria bernama Mo’taz Hilal itulah yang mengunggah foto pernikahannya di laman pribadi Facebooknya.

Namun jika si istri pertama terlihat ceria, berbeda dengan istri keduanya yang menunjukkan  ekspresi kesal saat Mo’taz memegang kepala istri pertamanya yang duduk diantara mereka.

Wanita yang mengenakan pakaian pengantin berwarna peach itupun sama sekali tidak tersenyum dan cenderung menunjukkan wajah masam. Akan tetapi, di foto lain, ketika Mo’taz duduk diantara istri-istrinya, kedua istri tersebut pun tersenyum sumringah.

https://today.line.me/id/pc/article/Viral+Istri+Pertama+Ikut+Duduk+di+Pelaminan+Pernikahan+Suaminya+dengan+Istri+Muda+Bikin+Meringis-7EaVRM?utm_source=facebook&utm_medium=linetodayhome&utm_campaign=home_a
Dimadu (gambar:source)

Istri kedua yang tadi berwajah masam, akhirnya tersenyum lepas dan lebar. Sementara, istri pertama yang mengenakan gaun berwarna hijau dengan hijab yang cantik, tersenyum sambil menggandeng suami yang dicintainya itu.

Tidak diketahui kenapa si istri pertama ini mau di madu. Dan kabarnya malah istri pertama Mo’taz yang justru membantu meyakinkan orang tua istri kedua suaminya agar dapat menikah dengan suaminya tersebut, meski awalnya sempat merasa sedih.

“Istri pertama saya awalnya kesal, tapi karena dia benar-benar mencintai saya, dia akhirnya berdamai dengan perasaan kesalnya sendiri. Bahkan, dia membantu meyakinkan orangtua istri kedua saya agar dapat menikah dengan saya,” ucap Mo’taz, seperti yang dilansir dari line.me (19/10/2017).

Setelah diminta keterangan, Mo’taz menjelaskan jika ia memutuskan untuk menikah lagi karena ingin memiliki banyak anak dan memperluas persaudaraan.

sumber berita